Simility (PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS VII A DI MTS NEGERI 5 JEMBER)

PUTRA, DHIAN WAHANA (2020) Simility (PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS VII A DI MTS NEGERI 5 JEMBER). Al-Tadzkiyyah.

[img] Text
1-Sinta 3-2020.pdf.pdf

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profesionalisme Guru terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Siswa kelas VII A di MTs Negeri 5 Jember. Profesionalisme guruakan memberikan pengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar karena belajar dan mengajar merupakan dua komponen yang tidak bisa dipisahkan. Dengan demikian pengaruh antara Profesionalisme Guru terhadap Kegiatan Belajar Mengajar siswa kelas VII A MTs Negeri 5 Jember, menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif regresi linier sederhana. Adapun jumlah responden 27 siswa dengan model perhitungan pada taraf signifikansi 1 persen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner dengan 8 item pertanyaan variabel X dan 8 pertanyaan variabel Y dengan menggunakan Skala Likert.Validitas r-hitung lebih besar dari r- tabel. Uji reliabilitas dinyatakan reliabel dengan nilai variabel X sebesar 0,752 kategori tinggi, variabel Y sebesar 0,758 kategori tinggi. Uji linieritas dan normalitas kedua variabel normal dan linier. Nilai regresi pengaruh profesionalisme guru terhadap kegiatan belajar mengajar sebesar 0,479, artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Maka Profesionalisme Guru berpengaruh terhadap Kegiatan Belajar Mengajar pada kriteria cukup dengan nilai 0,479.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru, kegiatan belajar mengajar
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice > 297.57 Religicus Experience, Life, Practice
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dr. Dhian Wahana Putra, S.Pd.I, M.Pd.I.
Contact Email Address: dhianwahana@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 06 Jan 2024 02:04
Last Modified: 06 Jan 2024 02:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20764

Actions (login required)

View Item View Item