Similarity (Nilai Pendidikan Karakter Al-Qur’an Surat Ali-Imran Ayat 102-104 pada Kurikulum Darul Arqam Dasar (DAD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM))

PUTRA, DHIAN WAHANA (2019) Similarity (Nilai Pendidikan Karakter Al-Qur’an Surat Ali-Imran Ayat 102-104 pada Kurikulum Darul Arqam Dasar (DAD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)). TARLIM.

[img] Text
2-Artikel-2019.pdf.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji nilai pendidikan karakter dalam QS. Ali-Imran ayat 102-104 pada kurikulum Darul Arqam Dasar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Perlu ditegaskan, bahwa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi otonom Muhammadiyah yang mempunyai tugas dan tanggungjawab mulia. Kemuliaan tanggungjawab tersebut dapat ditelusuri melalui tujuan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, yaitu: “Mengusahakan Terbentuknya Akademisi Muslim yang Berakhlaq Mulia Sesuai dengan Tujuan Muhammadiyah”. Penetapan QS. Ali-Imran 102-104 sebagai kata kunci nilai pendidikan karakter pada kurikulum Darul Arqam Dasar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah bukan tanpa alasan, karena ayat 102 dari surat tersebut menekankan akan keharusan orang yang beriman mengakhiri hidupnya dalam keadaan muslim. Hal ini sesuai dengan spirit tujuan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, yaitu mengusahakan terbentuknya akademisi muslim yang berakhlaq mulia. Sedangkan ayat 104 dari surat tersebut merupakan perintah untuk berorganisasi, bergolongan, dan berikatan. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui dan mendeskripsikan konsep pendidikan karakter dalam Al-Qur’an Surat Ali- Imran ayat 102-104, 2) Mengetahui kesesuaian antara kurikulum Darul Arqam Dasar dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dengan nilai pendidikan karakter dalam QS. Ali-Imran ayat 102-104. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka dimana semua data yang diperlukan berasal dari bahan-bahan kepustakaan berupa buku, dokumen dan bahan-bahan tertulis lainnya.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Karakter, Darul Arqom Dasar, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.6 Islamic Leaders and Organization > 297.61 Leaders and Their Work
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dr. Dhian Wahana Putra, S.Pd.I, M.Pd.I.
Contact Email Address: dhianwahana@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 06 Jan 2024 02:05
Last Modified: 06 Jan 2024 02:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20765

Actions (login required)

View Item View Item