Azizah, Nurul (2024) IMPLEMENTASI CHATBOT WHATSAPP MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN KANTOR DESA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (524kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (624kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (521kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan publik merupakan salah satu faktor kunci yang menentukan citra dan keberhasilan suatu ]instansi atau perusahaan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Kantor Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember yang saat ini sedang berusaha untuk meningkatkan pelayanan yang efisien dan efektif karena masih menggunakan sistem konvensional khususnya dalam memberikan pelayanan informasi. Hal ini menyebabkan warga harus datang langsung ke kantor desa untuk mendapatkan informasi, yang sering kali tidak tersedia dengan cepat dan lengkap. Akibatnya, sering terjadi kesalahpahaman dan ketidakpuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Chatbot WhatsApp menggunakan algoritma Naïve Bayes sebagai solusi untuk meningkatkan pelayanan di Kantor Desa Rowosari. Chatbot ini dirancang untuk menjawab pertanyaan umum dari warga secara instan, mengurangi waktu tunggu, dan mengurangi beban kerja pegawai kantor desa, sehingga mereka dapat fokus pada tugas-tugas lain yang lebih kompleks. Metode Naïve Bayes dipilih karena kemampuannya untuk mengklasifikasikan input pengguna berdasarkan kategori pertanyaan dan memilih jawaban yang sesuai dengan kategori tersebut. Algoritma ini juga efektif dengan data training yang minimal dan dapat meningkatkan akurasi jawaban melalui analisis data historis. Penelitian ini melibatkan survei kepuasan masyarakat yang dilakukan melalui kuesioner kepada 40 responden dari Desa Rowosari. Hasil survei menunjukkan bahwa 31% responden tidak puas, 41% kurang puas, dan hanya 28% yang puas dengan pelayanan yang ada. Dengan implementasi Chatbot WhatsApp, diharapkan akan tercipta pelayanan yang lebih responsif dan informatif, sehingga dapat meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Chatbot WhatsApp, Naïve Bayes, Pelayanan Publik, Kantor Desa Rowosari, Efisiensi Pelayanan. | |||||||||
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Nurul Azizah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | nurulazizah.march18@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 30 May 2024 01:42 | |||||||||
Last Modified: | 30 May 2024 01:42 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20994 |
Actions (login required)
View Item |