ANALISIS ASUHAN KEPERAWATAN NYERI AKUT DENGAN MANAJEMEN NYERI PADA PASIEN DM TIPE 2 DI RUANG BOUGENVILLE RSUD dr. H KOESNADI BONDOWOSO

Akbar, Mohammad Wahyu (2024) ANALISIS ASUHAN KEPERAWATAN NYERI AKUT DENGAN MANAJEMEN NYERI PADA PASIEN DM TIPE 2 DI RUANG BOUGENVILLE RSUD dr. H KOESNADI BONDOWOSO. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (646kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

Latar Belakang Diabetes melitus (DM) merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin, atau kedua-duanya Diabetes Mellitus tipe 2 menyebabkan ulkus yang bisa mengakibatkan nyeri, nyeri akut adalah pengalaman sensorik atau emosional yang berkaitan dengan kerusakan jarigan actual atau fungsional, dengan onset mendadak atau lambat dan berintensitas ringan hingga berat yang berlangsung kurang dari 3 bulan. Pada pasien Diabetes Mellitus terdapat beberapa masalah keperawatan yang dapat mengganggu kebutuhan dasar manusia, masalah keperawatan yang muncul ialah nyeri akut/kronis. Metode penelitian ini adalah studi kasus, yaitu studi yang dilakukan dengan menyelidiki suatu masalah dan menyelidiki masalah-masalah keperawatan dengan menggunakan Studi kasus ini bertujuan untuk mengkaji masalah keperawatan pada pasien DM tipe 2 dengan terapi slow deep breathing. Hasil analisis asuhan keperawatan manajemen nyeri akut pada ketiga pasien ditemukan tanda peningkatan skala nyeri, meringis, gelisah, tanda-tanda vital abnormal. setelah dilakukan tindakan keperawatan dalam waktu 1x24 jam, dan kriteria hasil dengan skala nyeri berkurang, wajah rileks, meringis menurun, dan gelisah menurun, ditemukan hasil masalah Nyeri Akut teratasi sebagian. Simpulan evaluasi keperawatan pada diagnosis nyeri akut setelah dilakukan tindakan keperawatan 1x24 jam didapatkan analisis asuhan keperawatan nyeri akut seperti penurunan skala nyeri, meringis menurun, gelisah menurun, dan hasil tanda tanda vital membaik.

Item Type: Thesis (Profession Education)
Uncontrolled Keywords: Diabetel Melitus, Nyeri Akut, Teknik Nafas Dalam
Subjects: 600 Technology and Applied Science
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Department: Pendidikan Profesi Ners
Depositing User: Finda Imalasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAdi, Ginanjar SasmitoUNSPECIFIED
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:51
Last Modified: 24 Jun 2024 02:51
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21075

Actions (login required)

View Item View Item