PENGEMBANGAN APLIKASI BINMAS PINTAR MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PEMBINAAN DAN PENYULUHAN UNTUK MASYARAKAT

Prastyo, Puguh Danu (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI BINMAS PINTAR MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PEMBINAAN DAN PENYULUHAN UNTUK MASYARAKAT. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (760kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin cepat. Perkembangan ini memunculkan berbagai macam piranti komputer, yaitu perangkat keras dengan asesorisnya serta aplikasi perangkat lunak yang berbasis desktop atau web. Game adalah salah satu perangkat lunak yang berkembang luas. Selain sebagai hiburan, game juga bisa berfungsi sebagai media edukasi. Tema yang diangkat dalam penelitian ini adalah pembuatan game edukasi untuk instansi kepolisian. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, instansi kepolisian dapat melakukan salah satu kegiatan dalam bentuk penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat berbasis aplikasi. Selama ini, teknologi informasi belum dimanfaatkan Satbinmas Polres Jember sebagai sarana pendukung untuk kegiatan edukasi. Oleh sebab itu, sebuah program aplikasi perlu dikembangkan untuk mendukung kegiatan penyuluhan dan pembinaan, yaitu sebuah game edukasi yang dapat diterima oleh masyarakat umum. Hasil pengujian sikap kesetujuan pengguna terhadap aplikasi game Binmas Pintar mengenai kinerja aplikasi nilai persentase tertinggi tercatat pada opsi Setuju (S) mencapai 54% dari total 48 responden. Dengan demikian, aplikasi game Binmas Pintar berbasis Android dapat dikatakan layak digunakan instansi kepolisian untuk melakukan media penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat. Kata kunci: Aplikasi, Construct 2, Media Pembinaan, Penyuluhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Construct 2, Media Pembinaan, Penyuluhan
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Informatika
Depositing User: Puguh Danu Prastyo
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSaifudin, IlhamNIDN0731108903
UNSPECIFIEDBakti, Budi SatriaNIDN0714107503
Contact Email Address: puguhdanu025@gmail.com
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:53
Last Modified: 08 Jul 2024 06:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21239

Actions (login required)

View Item View Item