Anjani, Bella Dwi (2024) Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
halaman awal.pdf Download (2MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran saat ini mengedepankan berbagai kompetensi keterampilan untuk menghadapi tantangan dan mampu bersaing pada abad-21. Kompetensi yang harus dimiliki peserta didik salah satunya adalah kemampuan kolaborasi. Namun, pada penerapannya pada pembelajaran masih terdapat peserta didik yang belum memiliki kesadaran dalam berkontribusi dan bertanggung jawab pada saat berdiskusi. Adanya permasalahan tersebut mendorong penelitian ini untuk memberikan strategi dalam mengembangkan kemampuan kolaborasi yang lebih baik berdasarkan rubrik 21st CLD. Hal tersebut dikombinasikan dengan penerapan model problem based learning sebagai model yang dapat mengoptimalkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar. Masalah dalam penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar saat pembelajaran menggunakan model problem based learning dengan yang tidak menggunakan model tersebut, serta bagaimana tingkat kemampuan kolaborasi peserta didik kelas X yang menggunakan problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan tingkat kemampuan kolaborasi peserta didik kelas X yang menggunakan model problem based learning dengan yang tidak menggunakan model problem based learning di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian adalah kuantitatif, dengan metode quasy eksperiment. Analisis data menggunakan Analis Deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji mann-whitney. Berdasarkan analisis deskriptif dengan pemberian perlakuan pembelajaran menggunakan model problem based learning terdapat perbedaan level atau tingkat kolaborasi yang dicapai yaitu level 3 sebesar 56%. Sedangkan hasil uji mann-whitney menunjukan taraf signifikan 0,024 < 0,05 dimana berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik kelas X yang menggunakan model problem based learning dan yang tidak menggunakan problem based learning di SMA Muhammadiyah 3 Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, Hasil Belajar, Kemampuan Kolaborasi, 21st CLD | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 601 Philosophy and Theory of Technology > 607 Education, Research & Related Topics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Bella Dwi Anjani | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | bellaanjani2571@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 02:27 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2024 02:27 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21425 |
Actions (login required)
View Item |