Wahyudi, Irfan Sholeh (2024) DESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN MODEL LADDER FRAME DENGAN BAHAN BAJA AISI 1015 1018 1020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (416kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (393kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Desain Chassis Kendaraan Sport Utility Vehicle. Perancangan/penelitian ini tentang desain dan analisis kendaraan Sport Utility Vehicle. Kerangka kendaraan mobil adalah komponen terpenting dari sistem transportasi mobil. sasis ini dirancang untuk menahan beban yang ditanggung oleh penumpang dan juga beban lainnya. Karena bobotnya yang begitu berat, kekokohan rangka dan bahan yang digunakan untuk membuatnya harus diperhitungkan selama proses pembuatan komponen yang sesuai untuk pembebanan. Karena chassis Ladder Frame terkenal kuat Bahan yang dipergunakan adalah Baja AISI 1015, AISI 1018, dan AISI 1020. Pengujian chassis ladder frame menggunakan software solidworks 2023 dengan metode elemen hingga menggunakan material baja Aisi 1015, Aisi 1018, dan Aisi 1020. Baja AISI 1018 dengan komposisi kimia FE 98.81 -99.18 C 0.15 – 0.20 Mn 0.15-0.20 S ≤ 0.050 P ≤ 0.040. Tegangan ijin yang ditetapkan diperoleh berdasarkan ketetapan Safety factor yang telah ditentukan sebesar 0.00000004657 mm. Baja struktur yang digunakan AISI 1018 digunakan sebgai material penyusun struktur chassis. untuk validasi perhitungan. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai stres 0.00002013 mm. Strain 0.000008446 mm. Diplasement 0.007189 mm. dan faktor keamanan chassis berada pada nilai aman yaitu 0.00000004657 mm, dengan beban 650 Kg. didapatkan hasil titik pusat massa sasis lebih rigid dengan Baja AISI 108 berdasarkan software solidworks. Kemudian untuk chassis lebih ulet dan kuat dan dapat disimpulkan bahwa desain ini aman,layak dan sesuai kriteria material yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chassis, Ladder frame, SUV, Aisi Steel | |||||||||
Subjects: | 700 The Art, Entertainment and Sport > 710 Civic and Lanscape Art > 717 Structures in Lanscape Design | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Mesin | |||||||||
Depositing User: | Irfan Sholeh Wahyudi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | irfansholehw@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 04:15 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 04:15 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22100 |
Actions (login required)
View Item |