DESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN MODEL LADDER FRAME DENGAN BAHAN BAJA AISI 1015 1018 1020

Wahyudi, Irfan Sholeh (2024) DESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN MODEL LADDER FRAME DENGAN BAHAN BAJA AISI 1015 1018 1020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Desain Chassis Kendaraan Sport Utility Vehicle. Perancangan/penelitian ini tentang desain dan analisis kendaraan Sport Utility Vehicle. Kerangka kendaraan mobil adalah komponen terpenting dari sistem transportasi mobil. sasis ini dirancang untuk menahan beban yang ditanggung oleh penumpang dan juga beban lainnya. Karena bobotnya yang begitu berat, kekokohan rangka dan bahan yang digunakan untuk membuatnya harus diperhitungkan selama proses pembuatan komponen yang sesuai untuk pembebanan. Karena chassis Ladder Frame terkenal kuat Bahan yang dipergunakan adalah Baja AISI 1015, AISI 1018, dan AISI 1020. Pengujian chassis ladder frame menggunakan software solidworks 2023 dengan metode elemen hingga menggunakan material baja Aisi 1015, Aisi 1018, dan Aisi 1020. Baja AISI 1018 dengan komposisi kimia FE 98.81 -99.18 C 0.15 – 0.20 Mn 0.15-0.20 S ≤ 0.050 P ≤ 0.040. Tegangan ijin yang ditetapkan diperoleh berdasarkan ketetapan Safety factor yang telah ditentukan sebesar 0.00000004657 mm. Baja struktur yang digunakan AISI 1018 digunakan sebgai material penyusun struktur chassis. untuk validasi perhitungan. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai stres 0.00002013 mm. Strain 0.000008446 mm. Diplasement 0.007189 mm. dan faktor keamanan chassis berada pada nilai aman yaitu 0.00000004657 mm, dengan beban 650 Kg. didapatkan hasil titik pusat massa sasis lebih rigid dengan Baja AISI 108 berdasarkan software solidworks. Kemudian untuk chassis lebih ulet dan kuat dan dapat disimpulkan bahwa desain ini aman,layak dan sesuai kriteria material yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Chassis, Ladder frame, SUV, Aisi Steel
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 710 Civic and Lanscape Art > 717 Structures in Lanscape Design
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Irfan Sholeh Wahyudi
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:15
Last Modified: 22 Jul 2024 04:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22100

Actions (login required)

View Item View Item