ANALISIS PERBANDINGAN MATERIAL ROLL BAR TERHADAP KEAMANAN MOBIL LISTRIK TIPE 2KW



SAPUTRA, MUHAMAD AGUS SURYA (2024) ANALISIS PERBANDINGAN MATERIAL ROLL BAR TERHADAP KEAMANAN MOBIL LISTRIK TIPE 2KW. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Pendahuluan .pdf] Text
Pendahuluan .pdf

Download (962kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri otomotif terus berkembang dengan pesat, khususnya dalam pengembangan teknologi mobil listrik sebagai salah satu upaya untuk pengurngan emisi gas rumah kaca. Disamping itu, adanya mobil listrik ini memiliki keunggulan dibidang efisiensi energi dan lingkungan. Namun, aspek keamanan pengemudi penting untuk diperhatikan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan jarak rollbar dengan posisi pengemudi terhadap tingkat keamanan dalam situasi kecelakaan pada kompetisi lomba mobil listrik (KMLI). Penelitian ini adalah untuk mendapatkan desain chasis mobil listrik tipe tubular dengan menggunakan material dan sudut rollbar dengan melakukan uji stress, displacement, dan factor of safety. Analisis simulasi menggunakan software autodesk inventor 2019. Penelitian menghasilkan kesimpulan yaitu simulasi pembebanan pada desain chasis dengan menggunakan material alumuium 6061-T6 menghasilkan nilai tegangan 29.4194 MPa, displacement 0.0942121 mm, dan factor of safety 15 ul , sedangkan desain chasis menggunakan material alumunium 6063-T1 menghasilkan nilai tegangan 86.0514 MPa, displacement 0.0993425 mm, dan factor of safety 15 ul. Dari kedua hasil analisis simulasi tersebut, bahwa desain rollbar menggunakan material alumunium 6061- T6 mempunyai tingkat keamanan yang lebih baik.
Kata kunci : Roll bar, Keamanan, Otomotif.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
BAHRI, MOKH. HAIRUL
nidn0717087203
Dosen Pembimbing
KOSJOKO, KOSJOKO
nidn0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Muhamad Agus Surya Saputra | agussurya004@gmail.com
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:30
Last Modified: 22 Jul 2024 04:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22108

Actions (login required)

View Item View Item