ANALISIS PENGEREMAN BAN MOBIL LISTRIK 2kW TERHADAP PERBEDAAN BEBAN DAN TEKANAN BAN



THALIB, ACHMAD LUDITO FATURROJI (2024) ANALISIS PENGEREMAN BAN MOBIL LISTRIK 2kW TERHADAP PERBEDAAN BEBAN DAN TEKANAN BAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Pendahuluan.pdf] Text
Pendahuluan.pdf

Download (817kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BIODATA.pdf] Text
BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Ban merupakan bagian dari roda kendaran yang bersentuhan dengan jalan.
Peranan ban sangat penting mengingat fungsi dan kerjanya menyangga beban
keseluruhan pada kendaraan, baik beban kosong maupum beban penuh/maksimal.
Beban ban sangat berat karena sebagai tumpuan berat kendaraan dan muatannya.
Metode Penelitian Study literatur dan eksperimen, yakni dengan melakukan
pengujian terhadap roda dengan ketentuan sebagai berikut : Variabel dalam
penelitian ini adalah tekanan udara dan beban, Tekanan udara yang diberikan
bervariasi yaitu 25 Psi, 30 Psi dan 35 Psi. Beban total yang diberikan bervariasi
yaitu 200 kg, 270 kg, dan 370 kg. Pengujian traksi eksperimen langsung akan
diperoleh data besar gaya traksi dari sebuah roda dan ban. Sedangkan untuk
memperoleh data berapa besar dari gaya traksi suatu roda dan ban secara
eksperimen tidak langsung perlu diketahui data gaya–gaya yang bekerja dan
dibuat analisis gaya terlebih dahulu. Analisis gaya tersebut menggambarkan atau
mendeskripsikan ilustrasi gaya yang bekerja selama pengujian. Data antara hasil
eksperimen langsung dan eksperimen tidak langsung harus menunjukan hasil
yang sama atau mendekati sama. Tingkat kesamaan ini disajikan dalam bentuk
presentase. Semakin besar presentase, menunjukan semakin valid data yang
diperoleh. Hubungan tekanan udara ban dalam terhadap traksi maksimal. Dalam
pengujian ini terlihat bahwa traksi mencapai maksimal pada tekanan angin ban 25
Psi, yang kemudian traksi mengalami penurunan kembali sejalan dengan
peningkatan tekanan angin ban. Hal ini berarti bahwa peningkatan tekanan angin
tidak berarti peningkatan traksi. Karena semakin tinggi tekanan angin maka
semakin kecil bidang gesek ban, dengan demikian mempengaruhi besar traksi dari
ban tersebut.
Kata Kunci : mobil listrik, ban, traksi

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
MUFARIDA, NELY ANA
NIDN0022047701
Dosen Pembimbing
SHOFIYAH, ROHIMATUSH
NIDN0726068006

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Mobil listrik, ban, traksi
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 621 Applied Physics
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: ACHMAD LUDITO FATURROJI THALIB | achmadluditofaturrojithalib@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:35
Last Modified: 23 Jul 2024 07:35
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22210

Actions (login required)

View Item View Item