ANALISIS PENGEREMAN BAN MOBIL LISTRIK 2kW TERHADAP PERBEDAAN BEBAN DAN TEKANAN BAN
THALIB, ACHMAD LUDITO FATURROJI (2024) ANALISIS PENGEREMAN BAN MOBIL LISTRIK 2kW TERHADAP PERBEDAAN BEBAN DAN TEKANAN BAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Pendahuluan.pdf Download (817kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text
DAPUS.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
BIODATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
Abstract
Ban merupakan bagian dari roda kendaran yang bersentuhan dengan jalan.
Peranan ban sangat penting mengingat fungsi dan kerjanya menyangga beban
keseluruhan pada kendaraan, baik beban kosong maupum beban penuh/maksimal.
Beban ban sangat berat karena sebagai tumpuan berat kendaraan dan muatannya.
Metode Penelitian Study literatur dan eksperimen, yakni dengan melakukan
pengujian terhadap roda dengan ketentuan sebagai berikut : Variabel dalam
penelitian ini adalah tekanan udara dan beban, Tekanan udara yang diberikan
bervariasi yaitu 25 Psi, 30 Psi dan 35 Psi. Beban total yang diberikan bervariasi
yaitu 200 kg, 270 kg, dan 370 kg. Pengujian traksi eksperimen langsung akan
diperoleh data besar gaya traksi dari sebuah roda dan ban. Sedangkan untuk
memperoleh data berapa besar dari gaya traksi suatu roda dan ban secara
eksperimen tidak langsung perlu diketahui data gaya–gaya yang bekerja dan
dibuat analisis gaya terlebih dahulu. Analisis gaya tersebut menggambarkan atau
mendeskripsikan ilustrasi gaya yang bekerja selama pengujian. Data antara hasil
eksperimen langsung dan eksperimen tidak langsung harus menunjukan hasil
yang sama atau mendekati sama. Tingkat kesamaan ini disajikan dalam bentuk
presentase. Semakin besar presentase, menunjukan semakin valid data yang
diperoleh. Hubungan tekanan udara ban dalam terhadap traksi maksimal. Dalam
pengujian ini terlihat bahwa traksi mencapai maksimal pada tekanan angin ban 25
Psi, yang kemudian traksi mengalami penurunan kembali sejalan dengan
peningkatan tekanan angin ban. Hal ini berarti bahwa peningkatan tekanan angin
tidak berarti peningkatan traksi. Karena semakin tinggi tekanan angin maka
semakin kecil bidang gesek ban, dengan demikian mempengaruhi besar traksi dari
ban tersebut.
Kata Kunci : mobil listrik, ban, traksi
ContributionContributor NameNIDN/NIDKDosen PembimbingMUFARIDA, NELY ANANIDN0022047701Dosen PembimbingSHOFIYAH, ROHIMATUSHNIDN0726068006
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Mobil listrik, ban, traksi |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 621 Applied Physics |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) |
Depositing User: | ACHMAD LUDITO FATURROJI THALIB | achmadluditofaturrojithalib@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 07:35 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 07:35 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22210 |
Actions (login required)
View Item |