THALIB, ACHMAD LUDITO FATURROJI (2024) ANALISIS PENGEREMAN BAN MOBIL LISTRIK 2kW TERHADAP PERBEDAAN BEBAN DAN TEKANAN BAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Pendahuluan.pdf Download (817kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text
DAPUS.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
BIODATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
Abstract
Ban merupakan bagian dari roda kendaran yang bersentuhan dengan jalan. Peranan ban sangat penting mengingat fungsi dan kerjanya menyangga beban keseluruhan pada kendaraan, baik beban kosong maupum beban penuh/maksimal. Beban ban sangat berat karena sebagai tumpuan berat kendaraan dan muatannya. Metode Penelitian Study literatur dan eksperimen, yakni dengan melakukan pengujian terhadap roda dengan ketentuan sebagai berikut : Variabel dalam penelitian ini adalah tekanan udara dan beban, Tekanan udara yang diberikan bervariasi yaitu 25 Psi, 30 Psi dan 35 Psi. Beban total yang diberikan bervariasi yaitu 200 kg, 270 kg, dan 370 kg. Pengujian traksi eksperimen langsung akan diperoleh data besar gaya traksi dari sebuah roda dan ban. Sedangkan untuk memperoleh data berapa besar dari gaya traksi suatu roda dan ban secara eksperimen tidak langsung perlu diketahui data gaya–gaya yang bekerja dan dibuat analisis gaya terlebih dahulu. Analisis gaya tersebut menggambarkan atau mendeskripsikan ilustrasi gaya yang bekerja selama pengujian. Data antara hasil eksperimen langsung dan eksperimen tidak langsung harus menunjukan hasil yang sama atau mendekati sama. Tingkat kesamaan ini disajikan dalam bentuk presentase. Semakin besar presentase, menunjukan semakin valid data yang diperoleh. Hubungan tekanan udara ban dalam terhadap traksi maksimal. Dalam pengujian ini terlihat bahwa traksi mencapai maksimal pada tekanan angin ban 25 Psi, yang kemudian traksi mengalami penurunan kembali sejalan dengan peningkatan tekanan angin ban. Hal ini berarti bahwa peningkatan tekanan angin tidak berarti peningkatan traksi. Karena semakin tinggi tekanan angin maka semakin kecil bidang gesek ban, dengan demikian mempengaruhi besar traksi dari ban tersebut. Kata Kunci : mobil listrik, ban, traksi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobil listrik, ban, traksi | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 621 Applied Physics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Mesin | |||||||||
Depositing User: | ACHMAD LUDITO FATURROJI THALIB | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | achmadluditofaturrojithalib@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 07:35 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 07:35 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22210 |
Actions (login required)
View Item |