Efektivitas Pemberian Beauveria bassiana Dan Ekstrak Lengkuas (Alpinia galanga L.) Terhadap Pengendalian OPT Tanaman Cabai (Capsicum annum L.).

YAHYA, FIFIN ALAIDA (2024) Efektivitas Pemberian Beauveria bassiana Dan Ekstrak Lengkuas (Alpinia galanga L.) Terhadap Pengendalian OPT Tanaman Cabai (Capsicum annum L.). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. RINGKASAN.pdf

Download (672kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (836kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

FIFIN ALAIDA YAHYA, Efektivitas Pemberian Beauveria bassiana Dan Ekstrak Lengkuas (Alpinia galanga L.) Terhadap Pengendalian OPT Tanaman Cabai (Capsicum annum L.). Dibawah bimbingan Ir. Oktarina, MP., sebagai dosen pembimbing utama dan Bejo Suroso MP., sebagai dosen pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi Beauveria bassiana dan Ekstrak lengkuas (Alpinia galanga L.) dalam mengendalikan OPT pada tanaman cabai (Capsicum annum L.). Untuk mengetahui dampak serangan OPT dari pemberian Beauveria bassiana dan Ekstrak lengkuas (Alpinia galanga L.) terhadap peningkatan hasil produktivitas pada tanaman cabai. Penelitian ini dilakukan di dusun Panggul Melati Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 24 September 2022 - 23 Januari 2023. Penelitian ini dilakukan menggunakan RAK (Rancangan Acak Lengkap) dengan 1 faktor dan 6 ulangan yang meliputi B0, Tanpa perlakuan. B1, Menggunakan Beauveria bassiana konsentrasi 60 gr/L. B2, Menggunakan ekstrak lengkuas konsentrasi 100 gr/L. B3, Menggunakan Beauveria bassiana konsentrasi 60 gr/L dan ekstrak lengkuas konsentrasi 100 gr/L. Perlakuan yang paling efektif dalam mengendalikan OPT tanaman cabai adalah pada perlakuan B3 (perlakuan Beauveria bassiana konsentrasi 60 gr/L dan ekstrak lengkuas konsentrasi 100 gr/L) yang dapat mengendalikan hama Thrips parvispinus karny, Oxya chinensis, Leptocorisa acuta thumb dan penyakit Colletotrichum capsici, serta Fusarium oxysporum F. sp. Kata kunci: Beauveria bassiana, Ekstrak lengkuas, OPT, Cabai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Beauveria bassiana, Ekstrak lengkuas, OPT, Cabai.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 631 Specific Techniques of
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Depositing User: Fifin Alaida Yahya
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:26
Last Modified: 26 Jul 2024 02:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22377

Actions (login required)

View Item View Item