Analisis Yuridis Pemenuhan Hak Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas Kabupaten Jember Berdasarkan Perda Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas

Priambodo, Abdul Rozak Aryo (2024) Analisis Yuridis Pemenuhan Hak Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas Kabupaten Jember Berdasarkan Perda Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN-3.pdf

Download (22MB)
[img] Text
B. ABSTRAK-3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
C. BAB I-2.pdf

Download (24MB)
[img] Text
D. BAB II-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
G. DAFTAR PUSTAKA-3.pdf

Download (6MB)

Abstract

Transportasi umum memainkan peran krusial dalam struktur sosial dan ekonomi kota-kota di seluruh dunia dengan menyediakan akses ke berbagai layanan dan aktivitas. Sistem transportasi yang efisien mendukung mobilitas dalam pekerjaan, pendidikan, perawatan kesehatan, dan rekreasi, serta berkontribusi pada perkembangan urban yang inklusif dan berkelanjutan. Namun, penyandang disabilitas sering kali menghadapi kendala dalam mengakses transportasi umum, baik dalam bentuk fisik, seperti kurangnya fasilitas ramah disabilitas, maupun non-fisik, seperti kekurangan pelatihan staf dan kebijakan yang mendukung. Keterbatasan ini menghambat partisipasi penuh penyandang disabilitas dalam masyarakat dan memperlebar kesenjangan kesempatan hidup. Di Indonesia, masalah inklusi dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas menjadi isu sentral dalam diskursus hak asasi manusia dan keadilan sosial. Meskipun ada kemajuan legislatif, praktik di lapangan seringkali belum optimal. Peraturan seperti Pasal 12 huruf E Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2016 dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas memberikan kerangka hukum untuk aksesibilitas, namun implementasi di lapangan masih mengalami kesenjangan. Penelitian ini menyoroti pentingnya perbaikan perlindungan hukum dan peningkatan aksesibilitas di halte-halte transportasi umum di Kabupaten Jember, dengan tujuan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi penyandang disabilitas dan memberikan landasan untuk perubahan kebijakan dan infrastruktur yang lebih inklusif. Penelitian ini menekankan bahwa peningkatan aksesibilitas bukan hanya memenuhi kebutuhan praktis, tetapi juga memastikan pengakuan dan perlindungan hak-hak hukum penyandang disabilitas untuk mobilitas setara dan partisipasi penuh dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hak Pelayanan Publik, Penyandang Disabilitas,Perda Nomor 7 Tahun 2017
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 342 Constitutional and Administrative Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Department: S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Abdul Rozak Aryo P
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorUbaidillah, LutfianNIDN0717018802
Contact Email Address: rozakpriyambodo@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:48
Last Modified: 29 Jul 2024 07:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22671

Actions (login required)

View Item View Item