IMPLEMENTASI CONSTRUCT 2 DALAM GAME EDUKASI PILAH SAMPAH BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Nursabili, Muhamad (2024) IMPLEMENTASI CONSTRUCT 2 DALAM GAME EDUKASI PILAH SAMPAH BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perancangan sebuah game edukasi berbasis Android yang inovatif dengan menggunakan Construct 2. Game ini dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar kelas 3 dengan tujuan utama meningkatkan pemahaman tentang pentingnya pemilahan sampah dan bagaimana melakukannya dengan benar. Materi pembelajaran yang disajikan mencakup jenis-jenis sampah (organik, anorganik, dan B3), contoh-contoh sampah dalam kehidupan sehari-hari, serta cara memilah sampah yang benar sesuai dengan jenisnya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak SDLC model Waterfall. Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan pengujian. Pengujian dilakukan melalui dua tahap, yaitu blackbox testing untuk memastikan fungsionalitas game, dan User Acceptance Test (UAT) untuk mengukur tingkat penerimaan dan kepuasan pengguna. Hasil UAT menunjukkan tingkat penerimaan yang sangat tinggi, mencapai 88%, menunjukkan bahwa game ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Validasi ahli juga dilakukan untuk memastikan kualitas game. Ahli materi memberikan nilai kelayakan sebesar 94%, menunjukkan kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran. Ahli media juga memberikan penilaian positif dengan nilai kelayakan 92%, menunjukkan bahwa desain visual dan aspek pemrograman game sudah sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, pilah sampah, Construct 2, Android, sekolah dasar
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Informatika
Depositing User: Muhamad Nursabili
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorFitriyah, Nur QodariyahNIDN0727097501
Thesis advisorAbdurrahman, GinanjarNIDN0714078704
Contact Email Address: m.nursabili@gmail.com
Date Deposited: 03 Aug 2024 01:25
Last Modified: 03 Aug 2024 01:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23001

Actions (login required)

View Item View Item