Analisis Sentimen Review Customer Terhadap Aplikasi QRIS Online Menggunakan Algoritma Multinomial Naive Bayes

Fatikha, Vera Aulia (2024) Analisis Sentimen Review Customer Terhadap Aplikasi QRIS Online Menggunakan Algoritma Multinomial Naive Bayes. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (642kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital di Indonesia, khususnya dalam ranah keuangan dan sistem pembayaran. Fintech (Financial Technology) menjadi inovasi penting yang memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah transaksi keuangan masyarakat. Dalam konteks ini, transaksi keuangan digital, terutama melalui QRIS (Quick Response Indonesian Standard), menjadi tren signifikan. QRIS, sebagai sistem pembayaran digital berbasis QR Code, diperkenalkan pada 17 Agustus 2019 dan diresmikan oleh Bank Indonesia pada 1 Januari 2020. Keuntungan penggunaan QRIS melibatkan kebebasan dalam memilih aplikasi pembayaran, seperti OVO, GoPay, Dana, Doku, dan LinkAja, menggunakan satu QR Code. Namun, QRIS juga memiliki kelemahan, termasuk kendala sinyal, ketergantungan pada kamera ponsel, batasan nominal transaksi, dan risiko kejahatan digital. Analisis sentimen dilakukan untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap QRIS. Metode Multinomial Naïve Bayes digunakan untuk mengklasifikasikan data dengan kecepatan dan akurasi tinggi. Dataset yang digunakan sebanyak 965 data dengan klasifikasi negative dan postif. Pada penggujian hasil evaluasi menggunakan 3 percobaan yakni 70:30, 80:20 dan 90:10. Hasil uji akurasi tertinggi didapatkan pada percobaan ke-2 yakni pada perbandingan 80:20 dengan jumlah 193 data testing didapatkan 42 data review yang menunjukkan sentimen positif, sedangkan 151 data review yang menunjukkan sentimen negatif. Nilai akurasi yang diperoleh sebesar 92%, nilai recall sebesar 82% dan nilai presisi sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: QRIS, Analisis Sentimen, Multinomial Naive Bayes
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Informatika
Depositing User: Vera Aulia Fatikha
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorNilogiri, AgungNIDN0030037701
Thesis advisorAl Faruq, Habibatul AzizahNIDN0718128901
Contact Email Address: veraaulia325@gmail.com
Date Deposited: 03 Aug 2024 01:55
Last Modified: 03 Aug 2024 01:55
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23034

Actions (login required)

View Item View Item