Pelaksanaan Gadai Tanah Pertanian Di Tinjau Menurut Undang Undang Nomer 56 Tahun 1960 Tentang Penetapan Luas Tanah Di Desa Patempuran Kecamatan Kalisat.

Muhammad, Zaenol Arifin (2024) Pelaksanaan Gadai Tanah Pertanian Di Tinjau Menurut Undang Undang Nomer 56 Tahun 1960 Tentang Penetapan Luas Tanah Di Desa Patempuran Kecamatan Kalisat. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (558kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy

Abstract

Gadai merupakan salah suatu cara yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh pinjaman uang dari orang lain, yaitu dengan menjadikan suatu barang yang mempunyai nilai harta menurut pandangan hukum sebagai jaminan. Sebagai negara yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian petani, tanah merupakan aset yang sangat menunjang dalam kehidupan ekonominya, tanah juga sangat menentukan bagi kelangsungan hidup rakyat. Praktik gadai berkembang pesat di masyarakat Indonesia ini sangat cepat karena keduanya bergerak dan menerima barang (barang dagangan) yang tidak bergerak adalah jalan keluar bagi bagi masyarakat. Seperti halnya praktek gadai yang ditemukan di Desa Patempuran, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember yang dimana dalam pelaksanaan sistem gadai kebanyakan masyarakat lebih memilih tanah produktif yang dapat langsung dimanfaatkan sebagai obyeknya, banyak gadai yang terjadi di Desa Patempuran, Salah satu pemicu dari terjadinya praktek gadai tanah di daerah tersebut adalah karena tuntutan kebutuhan ekonomi, sehingga mayoritas orang yang melakukan gadai pada lahan pertanian adalah dari orang yang ekonominya rendah (tergolong miskin) sementara yang menerima gadai rata-rata dari orang kaya. Sehingga seringkali mengakibatkan gadai tersebut berlangsung bertahun-tahun karena penggadai belum mampu untuk melunasi hutangnya. Kemudian dalam menetapkan jumlah uang yang akan dipinjamkan tidak boleh melebihi dari harga jual tanah sawah yang akan di gadaikan. Melihat praktik gadai yang dilakukan di Desa Patempuran Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember tentu jauh berbeda dari praktek pelaksanaan gadai pada umumnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 346 Private Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Department: S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Muhammad Zaenol Arifin
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDYunita, Reykasarinidn0714058601
Contact Email Address: arifhalaby9@gmail.com
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:44
Last Modified: 05 Aug 2024 03:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23058

Actions (login required)

View Item View Item