Pengaruh Latihan dengan Modifikasi Bola Gantung Terhadap Tendangan Sabit pada Pencak Silat UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Jember

Atmojo, Endro Wadio Brojo (2024) Pengaruh Latihan dengan Modifikasi Bola Gantung Terhadap Tendangan Sabit pada Pencak Silat UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
3. BAB I (1).pdf

Download (420kB)
[img] Text
4. BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pencak silat membutuhkan kemampuan tendangan yang baik. Kecepatan tendangan juga dapat mempengaruhi hasil dalam sebuah pertandingan. Dalam hal latihan sarana yang digunakan juga sangat penting karena akan memiliki dampak pada hasil latihan. Pada hasil observasi yang peneliti lakukan secara langsung di UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Jember mendapatkan temuan kurangnya sarana latihan. Sehingga pada penelitian ini peneliti memutuskan untuk mencoba ber-eksperimen dengan melihat pengaruh latihan dengan modifikasi bola gantung terhadap tendangan sabit pada pencak silat UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Jember. Penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan one grup pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah 30 pesilat UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Jember. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan modifikasi bola gantung sebagai alat ukur, dengan waktu 10 detik. Pada pengujian statistik pada penelitian ini meliputi tiga pengujian yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil pengujian yang didapat pada penelitian ini yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors. Data yang didapat pretest yaitu 0,22 dan posttest 0,02 yang menandakan bahwa keduanya < 1,61. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Selanjutnya hasil uji homogenitas menggunakan uji Fisher data yang didapat yaitu 0,53 sedangkan 0,58 dari taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa 0,53 < 0,58 sehingga data yang didapat dapat dinyatakan Homogen. Pengujian yang terakhir yaitu uji hipotesis dengan mengunakan uji t. Hasil yang didapat yaitu sig.2 paired menunjukan angka 0,00 atau <0,05 taraf signifikan sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak yang menandakan adanya perubahan dan juga peningkatan yang signifikan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latihan dengan modofikasi bola gantung memiliki kualitas yang baik untuk meningkatkan kemampuan tendangan sabit pada pencak silat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modifikasi, Latihan, Tendangan Sabit, Pencak Silat
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Physical and Sport Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Endro Wadiyo Brojo Atmojo
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorMunandar, KukuhNIDN0014116401
Thesis advisorHardovi, Bahtiar HariNIDN0718038901
Contact Email Address: wadiyoendro@gmail.com
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:15
Last Modified: 05 Aug 2024 08:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23093

Actions (login required)

View Item View Item