Hubungan Perilaku 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Pada Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Teratai Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Koesnadi Bondowoso



Junaedi, Bagaskara Aprilian (2024) Hubungan Perilaku 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Pada Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Teratai Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Koesnadi Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB VII.pdf] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dapat menjadi cara pandang pasien terhadap tenaga medis. Fenomena yang terjadi di rumah sakit adalah komplain klien karena kesenjangan antara harapan dan kenyataan klien terhadap pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) pada perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Teratai Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Koesnadi Bondowoso. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif korelasi dengan metode cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di Ruang Teratai dengan lama hari perawatan minimal 3 hari dalam satu bulan terakhir Juli tahun 2024 dengan jumlah sampel 75 pasien yang diperoleh dengan teknik purposive sampling dan data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dengan uji Spearman rho (p < 0,05) menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara perilaku 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) pada perawat dengan tingkat kepuasan pasien dengan nilai p value sebesar 0,001. Mayoritas perilaku 5S yang dimiliki oleh perawat berada pada kategori optimal dengan tingkat kepuasan pasien dalam kategori puas. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada hubungan yang signifikan perilaku 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dengan tingkat kepuasan pasien. Rekomendasi penelitian ini dapat diterapkan dalam manajemen keperawatan khususnya dalam menilai kepuasan pasien pada asuhan keperawatan yang telah diberikan oleh perawat.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Indriyani, Diyan
NIDN0003117001
Dosen Pembimbing
Adriani, Sri Wahyuni
NIDN0703038801

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Perilaku 5s, kepuasan, pasien
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 614 Public Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Bagaskara Aprilian Junaedi | bagaskaraaj@gmail.com
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:31
Last Modified: 09 Aug 2024 03:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23158

Actions (login required)

View Item View Item