Asas Kepastian Hukum Pemberian Hak Atas Tanah Kepada Investor Ibu Kota Nusantara Berdasarkan Pasal 16 A Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara

SARI, ERIZA YULISTIANA (2024) Asas Kepastian Hukum Pemberian Hak Atas Tanah Kepada Investor Ibu Kota Nusantara Berdasarkan Pasal 16 A Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN Eriza.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB I Eriza.pdf

Download (309kB)
[img] Text
4. BAB II Eriza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III Eriza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV Eriza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA Eriza.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami perlindungan hukum bagi pemegang resi gudang atas musnahnya objek resi gudang berdasarkan Pasal 24 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang. Metode penelitian yang digunakan meliputi pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach) jenis penelitian hukum normatif, dengan metode pengumpulan data melalui survei perpustakaan dan analisis hukum kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum preventif diatur dalam Pasal 24 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2006, yang mewajibkan pengelola gudang untuk mengasuransikan barang yang disimpan dan membuat perjanjian pengelolaan barang secara tertulis dengan pemilik barang, namun belum melindungi secara maksimal karena tidak ada klasifikasi jenis asuransi bagi pemegang resi gudang. Perlu memberikan perlindungan yang memadai, perlu adanya ketentuan yang lebih rinci mengenai klasifikasi jenis asuransi yang harus diambil, nilai pertanggungan yang memadai, prosedur klaim yang jelas, dan tanggung jawab pengelola gudang dalam mengelola asuransi tersebut. Penambahan peraturan, kerja sama dengan perusahaan asuransi, dan edukasi kepada pemilik barang adalah langkah penting untuk meningkatkan efektivitas sistem ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Resi Gudang, Perlindungan Hukum, Asuransi.
Subjects: 300 Social Science > 340 Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Department: S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Eriza yulistiana
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorREYKASARI, YUNITAnidn0714058601
Contact Email Address: yulistianasarieriza@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:58
Last Modified: 20 Aug 2024 03:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23330

Actions (login required)

View Item View Item