Pengembangan Bahan Ajar Biologi SMA Berbasis Etnosains Pada Proses Pengolahan Kopi Di Jember
Anggelya, Adinda Ayu (2025) Pengembangan Bahan Ajar Biologi SMA Berbasis Etnosains Pada Proses Pengolahan Kopi Di Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (173kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas hidup adalah melalui pendidikan yang memadai. Untuk mencapai hal ini, penting untuk meningkatkan fasilitas pendidikan, termasuk penggunaan media pembelajaran yang sesuai. Minimnya partisipasi siswa dalam memecahkan masalah, rendahnya minat mengerjakan tugas, dan kesulitan memahami materi menjadi kendala dalam pembelajaran. Pembelajaran berbasis etnosains juga masih jarang diterapkan, meskipun dapat menghubungkan siswa dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya. Oleh karena itu, diperlukan e-modul inovatif tentang keanekaragaman hayati kopi dan proses pengolahannya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa.
Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan yang dilakukan pada bulan September hingga Oktober 2024 di SMA Negeri 2 Jember. Penelitian bertujuan mengembangkan bahan ajar biologi berbasis etnosains, memanfaatkan pengolahan kopi di Jember sebagai konteks pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMA Negeri 2 Jember.
Pengembangan bahan ajar dimulai dengan analisis kebutuhan, melibatkan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar biologi berbasis etnosains ini dinyatakan sangat valid dengan nilai persentase rata-rata 89,66% dan dapat meningkatkan pemahaman biologi siswa juga menghargai kearifan lokal. Uji coba lapangan menunjukkan kepraktisan belajar siswa dengan nilai persentase rata-rata antara 86,71% hingga 87,19% serta respon positif dari guru dan siswa.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKDosen PembimbingMunandar, KukuhNIDN0014116401Dosen PembimbingUtomo, Agus PrasetyoNIDN0714087901
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Bahan Ajar Biologi, Etnosains, Pengolahan Kopi Jember, Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | Adinda Ayu Anggelya | adinda.anggelya@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 01:58 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 01:58 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23879 |
Actions (login required)
View Item |