PENGARUH CELEBRITY ENDORSE TERHADAP ONLINE PURCHASE INTENTION



NUGRAHINI LUFITRIN APRILIA, NINDI (2025) PENGARUH CELEBRITY ENDORSE TERHADAP ONLINE PURCHASE INTENTION. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (849kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (890kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (807kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap online
purchase intention dimana dalam penelitian ini menganalisis bagaimana pengaruh celebrity
endorser dalam mempromosikan produknya dalam media online sehingga terjadi purchase
intention pada konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan
sampel sejumlah 313 responden mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jember dengan usia
18 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dan dikumpulkan
melalui media Google Formulir. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Celebrity Endorser
(14 item, α = 0,899) dan Skala Purchase Intention (10 item α = 0,958). Dari hasil Analisa Uji
Analisis Non-Parametrik Non-Linear yang dilakukan, terdapat nilai R Square sebesar 0,004,
menunjukkan bahwa semakin tinggi celebrity endorser maka akan semakin meningkat pula
purchase intention mahasiswi pada produk online. Sebaliknya jika keyakinan mahasiswa
terhadap celebrity endorser dalam menyampaikan produk yang dipromosikannya rendah maka
purchase intention mahasiswi dalam berbelanja online akan menurun. Penelitian selanjutnya
dapat menggunakan variabel tambahan guna memperkuat penilaian terhadap sikap konsumen
terhadap iklan suatu produk atau merek yang disampaikan oleh seorang celebrity endorser,
dengan cakupan populasi yang berbeda.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Aini, Siti Nur
NIDN0012027701
Dosen Pembimbing
Danan, Satriyo Wibowo
NIDN0725118405

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Celebrity Endorser, Media Online, Purchase Intention, Produk Online.
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: NINDI APRILIA LUFITRIN NUGRAHINI | nindilufitrin@gmail.com
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:28
Last Modified: 24 Feb 2025 06:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24307

Actions (login required)

View Item View Item