Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Keterampilan Sosial Remaja
Hidayanti, Febri (2025) Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Keterampilan Sosial Remaja. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (713kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan sosial menjadi kunci penting bagi remaja dalam menciptakan interaksi yang positif dengan teman sebaya. Namun penggunaan media sosial yang berlebihan menghambat remaja untuk mengembangkan keterampilan sosialnya seperti kemampuan memahami ekspresi, gestur, empati dan penempatan diri dalam situasi sosial. Penggunaan media sosial yang berlebihan juga berimbas berkurangnya waktu yang bisa digunakan remaja untuk membangun pola interaksi yang sehat dengan teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap keterampilan sosial pada remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Subjek penelitian sejumlah 205 siswa SMP “X” di Jember dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan skala keterampilan sosial dengan jumlah 28 item dan nilai reliabilitas 0,804 dan skala intensitas media sosial 23 item dan nilai reliabilitas 0,737. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi mengungkapkan tidak adanya pengaruh antara intensitas media sosial terhadap keterampilan sosial dengan nilai (F = 2,364 ; p > 0,05). Saran bagi peneliti selanjutnya untuk metode pengambilan data yang lebih tepat, responden yang lebih spesifik, dan memperluas jangkauan penelitian sehingga hasil dapat digeneralisir, serta alat ukur yang sesuai dengan karakter subjek.
Kata kunci: intensitas media sosial, keterampilan sosial, remaja.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDWibowo, Danan Satriyonidn0725118405UNSPECIFIEDLaili, Januariyanidn0715019601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | intensitas media sosial, keterampilan sosial, remaja. |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology > 153 Conscious Mental Process and Intelligence |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Febri Hidayanti | hidayanti.febri99@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:56 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 06:56 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |