LOG BOOK PRAKTIK PROFESI NERS DAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN HIPERTENSI DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS (EVIDENCE BASED PRACTICE) DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA JEMBER
Meinatik, Riski Tria (2018) LOG BOOK PRAKTIK PROFESI NERS DAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN HIPERTENSI DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS (EVIDENCE BASED PRACTICE) DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA JEMBER. Profession Education thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1601031047 RISKI TRIA MEINATIK.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan Ners adalah pendidikan yang bersifat Akademik-Profesi yang dalam
pelaksanaannya terdiri dari 2 (dua) tahapan yaitu tahapan pendidikan akademik
dan tahapan pendidikan profesi. Program pendidikan ini mengacu pada
metaparadigma keperawatan yang disepakati di Indonesia dan mempunyai
landasan ilmu pengetahuan dan landasan keprofesian yang kokoh. Pada
pelaksanaannya sangat dipengaruhi oleh kemampuan pada proses pemahaman dan
penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan. Pada program
pendidikan profesi terdapat masa penyesuaian profesional bagi peserta didik
dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan pengalaman belajar lapangan dengan
menggunakan tatanan pelayanan kesehatan nyata,khususnya pelayanan
keperawatan. Kompetensi yang dicapai dalam menjalankan praktik Profesi Ners
sebanyak 36 SKS yang meliputi: Ketrampilan Dasar Profesi I (2 SKS),
Ketrampilan Dasar Profesi II (2 SKS), Keperawatan Medikal Bedah (5 SKS),
Anak (4 SKS), Maternitas (4 SKS), Jiwa (2 SKS), Gerontik (3 SKS), Gawat
Darurat (2 SKS), Komunitas (3 SKS), Keluarga (3 SKS), Manajemen
Keperawatan (2 SKS) dan Praktika Senior (4 SKS). Metode yang digunakan
adalah pre dan post conference, bed side teaching, ronde keperawatan, tutorial,
SOCA, presjur, seminar, evidence based practice, model konsep, DOPS,
resusitasi bayi, DDST, ballard score, terapi aktifitas kelompok dan pendidikan
kesehatan. Serta metode asuhan keperawatan yang terdiri dari pengkajian,
diagnosa keperawatan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Waktu praktik
tahap pertama tanggal 05 Januari sampai dengan 31 Januari 2015, tahap kedua
tanggal 03 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2015 dan tahap ketiga tanggal 13
September 2016 sampai dengan 23 Desember 2017. Lahan praktik yang
digunakan antara lain RSU Dr. H. Koesnadi, RSUD Abdoer Rahem Situbondo,
RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso, RS Jember Klinik, Puskesmas Puger, Desa
Pecoro Kecamatan Rambipuji Jember, RSUD dr. Saiful Anwar Malang, RSJ dr.
Radjiman Wediodiningrat Lawang Malang, UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha
Jember. Hasil dari praktik profesi ini memberi kesempatan pada praktikan untuk
berfikir kritis dan ilmiah dalam menyelesaikan masalah yang dialami pasien
dengan cara metode keperawatan. Serta meningkatkan praktikan dalam
kemampuan secara aplikatif dengan memberikan asuhan keperawatan yang
komprehensif dan profesional.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingKHOLIFAH, SITINIDN0725098802
Item Type: | Thesis (Profession Education) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Hipertensi, ansietas, evidence based practice |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health |
Divisions: | Faculty of Health > Nurse Profession Education |
Depositing User: | Finda Imalasari | findaimalasari@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:15 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:15 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |