EFEKTIVITAS PEMASARAN TABUNGAN EMAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BERINVESTASI NASABAH DI PT PEGADAIAN UPC RAMBIPUJI JEMBER
DELA, DELA NUR ANGRAENI (2025) EFEKTIVITAS PEMASARAN TABUNGAN EMAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BERINVESTASI NASABAH DI PT PEGADAIAN UPC RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (665kB) |
![]() |
Text
C. BAB 1.pdf Download (925kB) |
![]() |
Text
D. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (914kB) |
![]() |
Text
H. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran
yaitu variabel produk terhadap minat berinvestasi nasabah, variabel harga terhadap minat
berinvestasi nasabah, variabel promosi terhadap minat berinvestasi nasabah dan variabel tempat
terhadap minat berinvestasi nasabah (Studi Kasus PT. Pegadaian UPC Rambipuji Jember).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linier
berganda yang artinya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun juga
hubungan antara dua variabel atau lebih. Dalam penelitian ini meneliti mengenai pengaruh
produk, harga, promosi dan tempat terhadap minat berinvestasi nasabah pada PT. Pegadaian
UPC Rambipuji Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan emas pada PT.
Pegadaian UPC Rambipuji, dengan sampel sebanyak 364 orang. Sampel diambil menggunakan
Teknik purpossive sampling dimana penentuan sampel ini dengan pertimbangan atau kriteria
tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner yang disebarkan secara offline dan
online kepada reponden yang merupakan nasabah tabungan emas pada PT. Pegadaian UPC
Rambipuji.
Hasil penelitian ini pada taraf signifikan 0,05% dapat disimpulkan secara parsial bahwa
produk, harga, promosi dan tempat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat
berinvestasi nasabah pada PT. Pegadaian UPC Rambipuji Jember. Hal ini dapat dilihat
berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) bahwa keempat variabel independen
berpengaruh pada minat berinvestasi nasabah pada PT. Pegadaian UPC Rambipuji Jember
sebesar 74,5% dan sisanya sebesar 25,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Efektivitas produk
dalam meningkatkan minat berinvestasi nasabah sebesar 97%, efektivitas harga dalam
meningkatkan minat berinvestasi nasabah sebesar 93%, efektivitas promosi dalam
meningkatkan minat berinvestasi nasabah sebesar 91% dan efektivitas tempat dalam
meningkatkan minat berinvestasi nasabah sebesar 92%. Maka keempat variabel tersebut
dikatakan sangat efektif dalam meningkatkan minat berinvestasi nasabah.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingDr. Ir. Eko Budi Satoto, M.MT., Dr. Ir. Eko Budi Satoto, M.MT.nidn0716106702Dosen PembimbingAchmad Hasan Hafidzi, SE., MM., Achmad Hasan Hafidzi, SE., MM.nidn0714058604
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Bauran Pemasaran, Tabungan Emas, Minat Berinvestasi |
Subjects: | 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) |
Depositing User: | Dela Nur Angraeni | nurangraenidela@gmail.com |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:32 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:32 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |