KETERBACAAN BUKU TEKS CERDAS CERGAS BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA/SMK KELAS X:KAJIAN SINTAKSIS
Kusumaningtyas, Diny Fajariani (2025) KETERBACAAN BUKU TEKS CERDAS CERGAS BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK SMA/SMK KELAS X:KAJIAN SINTAKSIS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Keterbacaan merupakan hal penting dalam penyusunan buku teks, terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang SMA/SMK. Buku teks yang baik harus mudah dipahami oleh siswa agar pembelajaran berjalan efektif. Jika kalimat terlalu panjang, struktur kalimat rumit, atau menggunakan kata yang belum dikenal tanpa penjelasan, siswa bisa kesulitan memahami isi bacaan. Oleh karena itu, penting untuk menganalisis kalimat dan pilihan kata dalam buku ajar agar sesuai dengan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode agih. Metode ini digunakan untuk menganalisis struktur kalimat berdasarkan unsur-unsur bahasanya. Teknik yang digunakan adalah Bagi Unsur Langsung (BUL), yaitu teknik yang memisahkan unsur sintaksis seperti subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan. Untuk penggunaan kata baru dianalisis menggunakan analisis padanan. Dengan teknik ini, kalimat dalam buku teks dapat dikaji secara menyeluruh untuk melihat apakah struktur yang digunakan mendukung keterbacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat keterbacaan buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X dari aspek sintaksis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kalimat panjang dengan banyak fungsi sintaksis cenderung menurunkan keterbacaan karena terlalu padat informasi. Sementara itu, kalimat pendek lebih mudah dipahami karena langsung pada inti makna. Kata-kata baru juga dapat menyulitkan siswa jika tidak dijelaskan, namun hal ini bisa diatasi dengan penggunaan kamus atau glosarium. Dengan demikian, struktur kalimat dan pilihan kata sangat memengaruhi keterbacaan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingAmilia, Fitrinidn0725068501Dosen PembimbingAnggraeni, Astri Widyarulinidn0710018609
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Keterbacaan, Buku Teks, Sintaksis, Kalimat Panjang, Kalimat Pendek,Kata Baru. |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | DINY FAJARIANI KUSUMANINGTYAS | dinyputriendi@gmail.com |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:53 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:53 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |