ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KOSMETIK YANG TIDAK MEMILIKI IZIN BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (BPOM) DI E-COMMERCE LAZADA



NADIFAH, NADIFAH (2025) ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KOSMETIK YANG TIDAK MEMILIKI IZIN BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (BPOM) DI E-COMMERCE LAZADA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (767kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB) | Request a copy
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of H. LAMPIRAN.pdf] Text
H. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk Perlindungan hukum terhadap konsumen yang membeli produk kosmetik tanpa izin edar dari BPOM di platform e-commerce Lazada dan menganalisis tanggung jawab hukum yang harus dipenuhi oleh pihak Lazada sebagai penyelenggara e-commerce Lazada terhadap penjualan kosmetik tanpa izin dari BPOM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum yang diberikan Lazada masih bersifat preventif, seperti kebijakan mewajibkan penjual menyertakan nomor notifikasi BPOM. Namun, perlindungan ini belum efektif karena masih ditemukan banyak produk kosmetik ilegal yang beredar di platform tersebut. Di sisi lain, perlindungan represif terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat produk ilegal belum tersedia secara memadai. Tanggung jawab hukum Lazada masih terbatas pada penghapusan produk dan pemberian teguran kepada penjual, tanpa ada mekanisme ganti rugi yang jelas bagi konsumen. Perlindungan hukum bagi konsumen di e-commerce Lazada belum optimal dan dibutuhkan penguatan pengawasan, regulasi khusus ecommerce, serta kolaborasi antara pemerintah dan platform digital untuk
mewujudkan perlindungan konsumen yang lebih komprehensif.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
SURYONO, AHMAD
NIDN0724058105

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: E-Commerce, Kosmetik, Konsumen, Perlindungan Konsumen
Subjects: 300 Social Science > 340 Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: Nadifah Nadifah | nadifdn58@gmail.com
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:20
Last Modified: 09 Jul 2025 03:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25337

Actions (login required)

View Item View Item