PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA CAGAR BUDAYA SELOGENDING LUMAJANG UNTUK MEMAHAMI KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR



WIDIYANTO, FIFI ALEYDA (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA CAGAR BUDAYA SELOGENDING LUMAJANG UNTUK MEMAHAMI KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada Cagar Budaya Selogending Lumajang untuk memahami konsep bangun ruang sisi datar dan mengetahui kelayakan LKPD yang digunakan berdasarkan dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang mengacu pada model pengembangan ADDIE melalui tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pelaksanaan penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 01 Jatiroto dengan jumlah 5 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil dan 27 peserta didik untuk uji coba kelompok besar.
Berdasarkan hasil penelitian, kevalidan LKPD yang dinilai oleh tiga validator memperoleh skor sebesar 89,02% dan termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. Hasil kepraktisan yang diperoleh dari angket respon peserta didik memperoleh skor sebesar 86,52% dan termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Hasil keefektifan yang diperoleh dari analisis tes hasil belajar peserta didik melalui pengerjaan soal LKPD menunjukkan bahwa sebanyak 30 dari 32 peserta didik mencapai kategori tuntas dengan nilai di atas KKM 70, sementara itu 2 peserta didik lainnya tergolong tidak tuntas karena memperoleh nilai di bawah KKM. Secara keseluruhan, rata-rata persentase ketuntasan mencapai 96,29% dengan kategori “Sangat Efektif”. Dengan demikian, LKPD berbasis etnomatematika pada Cagar Budaya Selogending Lumajang untuk memahami konsep bangun ruang sisi datar memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
IMAMAH, NURUL
NIDN0712048506
Dosen Pembimbing
SURYANINGRUM, CHRISTINE WULANDARI
NIDN0717028302

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: LKPD, Etnomatematika, Pemahaman Konsep
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Fifi Aleyda Widiyanto | fifialeyda75@gmail.com
Date Deposited: 12 Jul 2025 04:31
Last Modified: 12 Jul 2025 04:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25508

Actions (login required)

View Item View Item