Analisis Sentimen Pasien terhadap Layanan Antarmedika Dentalcare Menggunakan Metode XGBOOST



Vidiantara, Iko Raga Ahana (2025) Analisis Sentimen Pasien terhadap Layanan Antarmedika Dentalcare Menggunakan Metode XGBOOST. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi faktor utama dalam kepuasan pasien. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang kesehatan mengatur aspek pelayanan kesehatan yang harus dipenuhi oleh penyelenggara layanan, baik di fasilitas kesehatan pemerintah maupun swasta. Praktek Mandiri Bersama Antarmedika Dentalcare berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan gigi berkualitas serta meningkatkan kepuasan pasien melalui evaluasi berbasis data. Salah satu metode yang digunakan adalah analisis sentimen terhadap ulasan pasien yang diperoleh dari Google Maps Review, media sosial, dan Survei Kepuasan Pasien (SKP). Penelitian ini menerapkan metode Extreme Gradient Boosting (XGBoost) untuk klasifikasi sentimen pasien dengan representasi kata menggunakan Term Frequency - Inverse Document Frequency (TF-IDF). Pengujian dilakukan terhadap 500 data ulasan pasien yang dikategorikan ke dalam dua sentimen, yaitu positif dan negatif. Hasil menunjukkan bahwa model XGBoost mencapai akurasi sebesar 0.96, dengan presisi 0.96 dan recall 0.98. Dari total ulasan, 362 diklasifikasikan sebagai sentimen positif, sementara 138 sebagai negatif. Hasil penelitian ini diimplementasikan dalam bentuk website yang memungkinkan klasifikasi otomatis ulasan pasien ke dalam kategori positif atau negatif. Dengan adanya sistem ini, klinik dapat lebih mudah mengevaluasi layanan serta mendukung perbaikan berbasis data guna meningkatkan kepuasan pelanggan dan kualitas layanan kesehatan gigi di Antarmedika Dentalcare.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Yanuarti, Rosita
NIDN0716108602
Dosen Pembimbing
Rintyarna, Bagus Setya
NIDN0729017904

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Analisis Sentimen, XGBoost, TF-IDF, Kepuasan Pasien, Klasifikasi, Sentimen
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Iko Raga Ahana Vidiantara | ikoraga@gmail.com
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:01
Last Modified: 15 Jul 2025 07:01
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25570

Actions (login required)

View Item View Item