Evaluasi Kinerja dan Perencanaan Ulang Tebal Perkerasan Lentur serta Infrastruktur Jalan Tanggul-Kencong Kabupaten Jember Menggunakan Metode Bina Marga 2024
Safitriani, Alika (2025) Evaluasi Kinerja dan Perencanaan Ulang Tebal Perkerasan Lentur serta Infrastruktur Jalan Tanggul-Kencong Kabupaten Jember Menggunakan Metode Bina Marga 2024. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (604kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (550kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja jalan serta merencanakan tebal perkerasan lentur dan infrastruktur penunjang pada ruas jalan Tanggul–Kencong, mencakup penerangan jalan umum, rambu, dan marka. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui survei lapangan. Hasil analisis derajat kejenuhan (DS) dengan metode PKJI 2014 menunjukkan bahwa DS meningkat seiring bertambahnya umur jalan, namun tetap dalam kategori baik. CBR rencana sebesar 4% dengan total tebal perkerasan lentur berdasarkan Metode Bina Marga 2024 adalah 45,5 cm, sedangkan
dengan Metode Bina Marga 1987 mencapai 55,5 cm. Untuk sistem penerangan, direncanakan pemasangan tiang baja galvanis setinggi 7 m di sisi kanan jalan dengan jarak antar tiang 25 m, menggunakan lampu LED 80 W dan intensitas cahaya 1882,3 cd, serta MCB 20 A. Rambu yang dibutuhkan meliputi empat jenis, masing-masing satu buah. Marka jalan dirancang menggunakan cat putih thermoplastic, dengan garis putus-putus di tengah dan garis solid di sisi kanan dan kiri jalan, masing-masing selebar 0,10 meter.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHamduwibawa, Rofi BudiNIDN0008057802Dosen PembimbingAbadi, TaufanNIDN0710096603
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | infrastruktur, perkerasan, kinerja. |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Makna Tari Alika Safitriani | alikasafitriani261102@gmail.com |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:25 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:25 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |