UJI EKSPERIMENTAL SUDUT BELOK PADA PERFORMA KENDARAAN MOBIL LISTRIK KOMPETISI 2KW DI LINTASAN SLALOM



Firmansyah, Moh Adi (2025) UJI EKSPERIMENTAL SUDUT BELOK PADA PERFORMA KENDARAAN MOBIL LISTRIK KOMPETISI 2KW DI LINTASAN SLALOM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. Pendahuluan.pdf] Text
A. Pendahuluan.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of C. Bab 1.pdf] Text
C. Bab 1.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of D. Bab 2.pdf] Text
D. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of E. Bab 3.pdf] Text
E. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB 4.pdf] Text
F. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[thumbnail of G. Bab 5.pdf] Text
G. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of H. Daftar Pustaka.pdf] Text
H. Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of I. Lampiran.pdf] Text
I. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB) | Request a copy

Abstract

Polusi udara di Indonesia semakin meningkat dikarenakan banyaknya kendaraan yang berbahan bakar fosil. Teknologi yang ramah lingkungan seperti kendaraan mobil listrik merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil. Penelitian ini menggunakan metode analisis dan eksperimental untuk mencari sudut belok terbaik pada lintasan slalom. Dalam proses ini analisa sudut belok kendaraan dilakukan dengan variasi sudut belok 11°, 15°, 19° dan 23°, dengan kecepatan 20 km/jam, pada lintasan slalom dengan panjang lintasan 30 meter, dengan menggunakan lintasan aspal kering dan basah. Berdasarkan hasil perhitungan dan eksperimental, sudut belok 11° mendapatkan performan terbaik dengan radius tikungan 12,86 m, kecepatan maksimum stabil pada jalan aspal kering 7,94 m/s dan jalan aspal basah 6,15 m/s, dengan waktu tempuh 5,40 s pada jalan aspal kering dan jalan aspal basah. dan eksperimental mendapatkan waktu tempuh 5,45 s pada jalan aspal kering, dan jalan aspal basah 5,46 s. Sudut belok optimal dengan performa terbaik didapat dengan sedut belok 11°, pada sudut ini kendaraan mampu mempertahankan kecepatan 20 km/jam (5,56 m/s) tanpa kehilangan kestabilan, sehingga waktu tempuh mencapai 5,40 detik, dan ekpserimental 5,45 detik, dan jalan basah menghasilkan waktu tempuh 5,40 detikk, dan ekperimental 5,46 detik.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Abidin, Asroful
NIDN0703109207
Dosen Pembimbing
Kosjoko, Kosjoko
NIDN0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Mobil Listrik, Sudut Belok, Performa, Eksperimental, Lintasan Slalom
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Moh Adi Firmansyah | mohadifirmansyah24@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:29
Last Modified: 17 Jul 2025 07:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25638

Actions (login required)

View Item View Item