Pengaruh Caustomer Relationship Harga yang kompetitif dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik di Jember



Firoh, Maugfiroh Putri Nurholisah (2025) Pengaruh Caustomer Relationship Harga yang kompetitif dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik di Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (634kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) batik di Jember memiliki peran penting dalam pemberdayaan ekonomi lokal. Untuk meningkatkan kinerja pemasaran di tengah persaingan yang ketat, UMKM perlu mengelola hubungan pelanggan (customer relationship), menetapkan harga yang kompetitif, dan memanfaatkan keunggulan bersaing melalui inovasi dan kualitas produk. Pemanfaatan teknologi digital juga membantu memperluas pasar dan meningkatkan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap kinerja pemasaran UMKM batik di Jember sebagai dasar strategi pemasaran yang efektif dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh hubungan konsumen, harga yang kompetitif dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli batik di UMKM Kabupaten Jember. Sampel yang diambil yaitu dengan menggunakan rumus ferdinan yang ditemukan hasil sebanyak 115 responden. Kemudian untuk ujinya peneliti menggunakan uji instrumen, analisis linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisiensi determinasi. Hasilnya menunjukkan bahwa hubungan konsumen, harga yang kompetitif dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Jember.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Suharto, Akhmad
nidn0701126202
Dosen Pembimbing
Winahyu, Pawestri
NIDN0728058701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Customer Relationship, Harga, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran Customer Relationship, Harga, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Maugfiroh Putri Nurholisah | Maghfirohputri445@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2025 01:57
Last Modified: 19 Jul 2025 03:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25704

Actions (login required)

View Item View Item