Modul Media Pembelajaran Proyek Sprinkler untuk Anak Usia 5-6 Tahun
eko santi, Siti Nur Kholifah (2025) Modul Media Pembelajaran Proyek Sprinkler untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
halaman depan (1).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (592kB) |
![]() |
Text
BAB I print.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB II PRINT.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III PRINT.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV PRINT.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA PRINT.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN PRINT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Santi, S. N. K. E. (2025). Modul Media Pembelajaran Proyek Sprinkler Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. TABS. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Wahju Dyah Laksmi Wardhani,M.Pd. (2) Asti Bhawika Adwitiya, S.Psi., M.A
Kata Kunci: Anak Usia Dini, modul pembelajaran, proyek sprinkler.
Bermain sangat penting untuk tumbuh kembang anak usia dini. Kurikulum PAUD mendorong pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada anak, salah satunya lewat kegiatan proyek. Proyek sprinkler adalah contoh kegiatan belajar di mana anak-anak usia 5–6 tahun diajak merancang dan membuat alat penyiram air dari bahan sederhana seperti botol bekas dan selang. Anak-anak terlibat langsung dalam setiap langkah, mulai dari mencari bahan, merakit alat, mencoba cara kerja sprinkler, hingga membahas hasilnya bersama. Melalui proyek sprinkler, anak mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasar (saat memotong, merangkai, dan memegang alat), kemampuan kognitif (berpikir logis, mencoba-coba, mengenal sebab-akibat), kemampuan bahasa (berdiskusi, menjelaskan hasil kerja), serta kemampuan sosial-emosional (kerja sama, tanggung jawab, percaya diri). Selain itu, kegiatan ini juga menumbuhkan pemahaman dasar tentang konsep sains sederhana seperti tekanan air, aliran, dan lubang semprot. Proyek ini tidak hanya seru, tapi juga membantu anak belajar secara menyeluruh. Modul ini diharapkan menjadi ide praktis bagi guru dalam mengajak anak belajar sambil bermain sesuai Kurikulum Merdeka PAUD.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDLaksmi Wardhani, Wahju Dyah LaksmiNIDN0706046703UNSPECIFIEDAdwitiya, Asti BhawikaNIDN0725049301
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Anak Usia Dini, Modul Pembelajaran, Proyek Sprinkler |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Siti Nur Kholifah Eko Santi | ekosanti12345@gmail.com |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:30 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 08:30 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |