Modul Media Pembelajaran Proyek Sprinkler untuk Anak Usia 5-6 Tahun



eko santi, Siti Nur Kholifah (2025) Modul Media Pembelajaran Proyek Sprinkler untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of halaman depan  (1).pdf] Text
halaman depan (1).pdf

Download (4MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of BAB I print.pdf] Text
BAB I print.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of BAB II PRINT.pdf] Text
BAB II PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III PRINT.pdf] Text
BAB III PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV PRINT.pdf] Text
BAB IV PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA PRINT.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA PRINT.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of LAMPIRAN PRINT.pdf] Text
LAMPIRAN PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Santi, S. N. K. E. (2025). Modul Media Pembelajaran Proyek Sprinkler Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. TABS. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Wahju Dyah Laksmi Wardhani,M.Pd. (2) Asti Bhawika Adwitiya, S.Psi., M.A
Kata Kunci: Anak Usia Dini, modul pembelajaran, proyek sprinkler.
Bermain sangat penting untuk tumbuh kembang anak usia dini. Kurikulum PAUD mendorong pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada anak, salah satunya lewat kegiatan proyek. Proyek sprinkler adalah contoh kegiatan belajar di mana anak-anak usia 5–6 tahun diajak merancang dan membuat alat penyiram air dari bahan sederhana seperti botol bekas dan selang. Anak-anak terlibat langsung dalam setiap langkah, mulai dari mencari bahan, merakit alat, mencoba cara kerja sprinkler, hingga membahas hasilnya bersama. Melalui proyek sprinkler, anak mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasar (saat memotong, merangkai, dan memegang alat), kemampuan kognitif (berpikir logis, mencoba-coba, mengenal sebab-akibat), kemampuan bahasa (berdiskusi, menjelaskan hasil kerja), serta kemampuan sosial-emosional (kerja sama, tanggung jawab, percaya diri). Selain itu, kegiatan ini juga menumbuhkan pemahaman dasar tentang konsep sains sederhana seperti tekanan air, aliran, dan lubang semprot. Proyek ini tidak hanya seru, tapi juga membantu anak belajar secara menyeluruh. Modul ini diharapkan menjadi ide praktis bagi guru dalam mengajak anak belajar sambil bermain sesuai Kurikulum Merdeka PAUD.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Laksmi Wardhani, Wahju Dyah Laksmi
NIDN0706046703
UNSPECIFIED
Adwitiya, Asti Bhawika
NIDN0725049301

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Anak Usia Dini, Modul Pembelajaran, Proyek Sprinkler
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Siti Nur Kholifah Eko Santi | ekosanti12345@gmail.com
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:30
Last Modified: 12 Aug 2025 08:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25886

Actions (login required)

View Item View Item