Analasis Strategi Personal Branding Bupati Hendy Siswanto Melalui Akun Instagram @hendy_siswanto



Lewenussa, Helmi Juliawan (2025) Analasis Strategi Personal Branding Bupati Hendy Siswanto Melalui Akun Instagram @hendy_siswanto. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (681kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (807kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi personal branding yang diterapkan oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto, melalui platfrom media sosial Instagram (@hendy_siswanto) dalam membangun citra kepemimpinannya di era digital. Media sosial, khususnya Instagram, menjadi sarana komunikasi politik yang strategis dan efektif dalam menjangkau mayarakat luas, terutama generasi minenial dan literasi digital. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini memanfaatkan metode observasi dan analisis konten terhadap unggahan visual dan naratif yang dibagikan selama periode April hingga Juni 2025. Namun, penelitian ini juga menemukan berbagai hambatan, antara lain tidak konsisten gaya komunikasi, konten yang terlalu formal. Ketidakseimbangan antara pencitraan professional dan nilai emosional menjadi tantangan dalam membentuk persepsi yang autentik. Temuan ini mempertegas pentingnya teori strategi personal branding yang dikemukakan Peter Montoya otentik, berkesinambungan, dan berbasis nilai untuk membangun reputasi yang kredibel di ruang digital. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis terhadap pengembangan strategi branding di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hendy Siswanto memanfaatkan Instagram untuk menampilkan aktivitas lapangan, membangun kedekatan emosional dengan warga, serta menyampaikan kebijakan dan program kerja secara langsung dan transparan. Strategi personal branding serta visual yang konsisten, narasi humanis, serta interaksi langsung dengan publik menjadi elemen kunci dalam memperkuat citra positif sebagai pemimpin yang empatik,visioner, dan dekat dengan rakyat.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Susanti, Ari
NIDN0701047701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Instagram,Personal Branding, Strategi Komunikasi
Subjects: 300 Social Science
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: Helmi Juliawan Lewenussa | helmijuliawan9@gmail.com
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:58
Last Modified: 06 Aug 2025 07:58
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26389

Actions (login required)

View Item View Item