Peranan Laporan Biaya Kualitas dalam Perencanaan Dan Pengendalian Kualitas Produk (studi kasus pada UD Mutiara Rasa produsen suwar-suwir khas Jember)

Tofiq, Achmad (2016) Peranan Laporan Biaya Kualitas dalam Perencanaan Dan Pengendalian Kualitas Produk (studi kasus pada UD Mutiara Rasa produsen suwar-suwir khas Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf - Accepted Version

Download (279kB) | Preview
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (18kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB 4 & 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
jurnal.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian mengenai Peranan Laporan Biaya Kualitas Dalam Perencanaan dan Pengendalian Kualitas Produk pada UD Mutiara Rasa. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui penerapan biaya kualitas dan peranan laporan biaya kualitas dalam perencanaan dan pengendalian biaya kualitas produk pada UD Mutiara Rasa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan cara mengidentifikasikan biaya-biaya operasional kedalam biaya kualitas, mengklasifikasikan biaya kualitas, pengukuran biaya kualitas tersembunyi (metode penelitian pasar), menyusun laporan biaya kualitas dan pengukuran analisis tren. Sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan menganalisis dampak dari laporan biaya kualitas dalam proses perencanaan dan pengendalian kualitas produk. Dari hasil laporan biaya kualitas diperoleh informasi bahwa biaya kualitas total besarnya berubah-ubah (cenderung menurun) terhadap prosentase dari penjualan. Hal tersebut menunjukkan bahwa UD Mutiara Rasa sudah menaruh perhatian pada kualitas. Dalam usaha peningkatan kualitas, dari pada melakukan kesalahan atau melakukan pengerjaan ulang untuk memperbaiki kesalahan, lebih baik melakukan tindakan-tindakan pencegahan sehingga kualitas rendah dapat dihindari. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan atau minimal mempertahankan loyalitas konsumen untuk terus meningkatkan pangsa pasar, yang keduanya akan meningkatkan total penjualan. UD Mutiara Rasa dapat menjadikan kerusakan nol atau kualitas sempurna menjadi sasaran perusahaan, dan dapat menganalisis kesalahan dan mengambil tindakan untuk memperbaikinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Laporan Biaya Kualitas, Perencanaan, Pengendalian Kualitas Produk
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI62201#AKUNTANSI" not defined]
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDYulinartati, YulinartatiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPuspito, AdeUNSPECIFIED
Date Deposited: 28 Mar 2018 02:57
Last Modified: 11 Oct 2019 00:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item View Item