KINERJA RELAWAN PAJAK DALAM PELAYANAN PEMADANAN NIK TAX CENTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER: PERSPEKTIF WAJIB PAJAK



Hasanah, Rismatil (2025) KINERJA RELAWAN PAJAK DALAM PELAYANAN PEMADANAN NIK TAX CENTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER: PERSPEKTIF WAJIB PAJAK. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (908kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (909kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peraturan terbaru mengenai pemadanan NIK menjadi NPWP telah mewajibkan wajib pajak untuk
menyesuaikan data identitas mereka. Di tengah tuntutan kebijakan ini, Tax Center Universitas
Muhammadiyah Jember berperan melalui program Relawan Pajak yang memberikan layanan
asistensi kepada dosen dan staf. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja relawan pajak
dalam pelayanan pemadanan NIK menjadi NPWP ditinjau dari kualitas pelayanan, kuantitas
pelayanan, dan ketepatan waktu berdasarkan perspektif wajib pajak. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib
pajak Universitas Muhammadiyah Jember (dosen dan karyawan) sebanyak 451 orang, dan teknik
pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Instrumen pengumpulan data berupa
kuesioner dengan skala Likert dan analisis dilakukan menggunakan metode Structural Equation
Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kualitas pelayanan, kuantitas pelayanan, dan ketepatan waktu berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja relawan pajak dalam pelayanan pemadanan NIK. Ketiga variabel tersebut
berkontribusi dalam membentuk persepsi positif wajib pajak terhadap pelayanan yang diberikan
oleh relawan pajak di Tax Center. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kinerja relawan
pajak di Tax Center Universitas Muhammadiyah Jember dinilai cukup baik oleh wajib pajak.
Peningkatan pada kualitas, jumlah layanan, serta ketepatan waktu dapat lebih mengoptimalkan
peran relawan pajak dalam mendukung kebijakan pemadanan NIK menjadi NPWP.
Kata Kunci: Kinerja, Relawan Pajak, Pemadanan NIK

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Probowulan, Diyah
1974113010503524
UNSPECIFIED
Syahfrudin, Achmad
1976120711203697

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kinerja, Relawan Pajak, Pemadanan NIK
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 336 Public Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Rismatil Hasanah | Rismatil461@gmail.com
Date Deposited: 21 Aug 2025 02:55
Last Modified: 21 Aug 2025 02:55
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27190

Actions (login required)

View Item View Item