ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN POST OP OPEN FRAKTUR DENGAN MASALAH KEPERAWATAN RESIKO INFEKSI EVIDANCE BASED PRACTICE DI RUANG MAWAR RSD BALUNG JEMBER
Siswanto, Nur Fauzan Edi (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN POST OP OPEN FRAKTUR DENGAN MASALAH KEPERAWATAN RESIKO INFEKSI EVIDANCE BASED PRACTICE DI RUANG MAWAR RSD BALUNG JEMBER. Profession Education thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1801032042 NUR FAUZAN EDI S.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) | Request a copy |
Abstract
Praktik profesi Ners adalah merupakan usaha belajar klinik dan lapangan yang
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor
dalam
melaksanakan
asuhan
keperawatan
secara
komprehensif,
berkesinambungan dan profesional. Mahasiswa diberi kesempatan menerapkan
konsep, teori dan ilmu perilaku, sosial, biomedik dan keperawatan kepada
individu, kelompok dan masyarakat. Kompetensi akademik yang dicapai dalam
menjalankan praktik profesi ners sebanyak 36 SKS yang meliputi: KDP I (2
SKS), KDP II (2 SKS), keperawatan medikal bedah (6 SKS), keperawatan anak (3
SKS), keperawatan maternitas (3 SKS), keperawatan jiwa (2 SKS), keperawatan
gawat darurat dan kritis (3 SKS), keperawatan gerontik (3 SKS), keperawatan
komunitas (3 SKS), keperawatan keluarga (3 SKS), manajemen keperawatan (2
SKS), dan praktika senior (4 SKS). Metode yang digunakan adalah pre dan post
conference, bed side teaching, ronde keperawatan, seminar, terapi aktifitas
kelompok dan pendidikan kesehatan. Adapun metode proses keperawatan
meliputi pengkajian, diagnosa keperawatan, perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi. Waktu praktik di mulai pada tanggal 3 Oktober 2018 sampai 1 Juni
2019. Lahan praktik yang digunakan antara lain: RSD Balung Jember, RSJ Dr.
Radjiman Wediodiningrat Lawang Malang, Pelayanan Sosial Lanjut Usia Kasiyan
Jember, Desa Curahmalang Kecamatan Rambipuji Jember. Pelaksanaan praktik
profesi adalah pengalaman dalam mencapai kompetensi akademik memberikan
asuhan keperawatan individu yang meliputi asuhan antenatal, intranatal, postnatal,
dan gynekologi, kasus saraf, kasus penyakit tropik dan menular, bedah,
pernafasan, gawat darurat dan lansia. Kompetensi individu yang diperoleh selama
praktik profesi antara lain penerapan asuhan keperawatan di semua departemen,
penerapan model konsep keperawatan, penerapan Evidence Base Practice serta
ronde keperawatan. Hasil dari praktik profesi ini memberikan kesempatan kepada
praktikan untuk berfikir kritis dan ilmiah dalam menyelesaikan masalah
keperawatan klien, sehingga dapat memfasilitasi penyesuaian lingkungan
akademis kepada lingkungan profesional. Selain itu diperoleh peningkatan
kemampuan interpersonal dan kemampuan teknikal dalam memberikan asuhan
keperawatan pada klien.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingUtami, Restinidn#
Item Type: | Thesis (Profession Education) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Daftar Pustaka, 29 (2006-2016). |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health |
Divisions: | Faculty of Health > Nurse Profession Education |
Depositing User: | Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 06:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 06:50 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |