PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP EMPLOYEE LOYALTY PADA GURU DI YAYASAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER
Noornafisya, Maura Ryang (2025) PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP EMPLOYEE LOYALTY PADA GURU DI YAYASAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (917kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (909kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (905kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Loyalitas karyawan merupakan faktor penting bagi keberlanjutan organisasi, termasuk lembaga pendidikan berbasis pesantren. Guru memiliki peran strategis dalam pendidikan, sehingga perlu ditingkatkan loyalitasnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Perceived Organizational Support (POS) terhadap employee loyalty pada guru di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan populasi sebanyak 247 guru, dengan sampel 153 guru sebagai subjek, dipilih melalui proportional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala POS (Eisenberger et al., 1986; reliabilitas 0,934) dan skala employee loyalty (Dutta & Dhir, 2025; reliabilitas 0,849). Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa POS berpengaruh signifikan terhadap loyalitas guru (F = 208,310; p = 0,001; β = 0,761), yang berarti semakin tinggi persepsi terhadap dukungan organisasi, semakin tinggi pula loyalitas yang dimiliki guru. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi peningkatan POS melalui perhatian terhadap kesejahteraan, pengakuan kontribusi, dan hubungan kerja yang suportif.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingNur'Aini, Siti NurNIDN0012027701Dosen PembimbingLaili, JanuariyaNIDN0715019601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | employee loyalty, guru, perceived organizational support, lembaga pendidikan, pondok pesantren |
Subjects: | 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Maura Ryang Noornafisya | mauraryang@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:23 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:23 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |