PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP EMPLOYEE LOYALTY PADA GURU DI YAYASAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER



Noornafisya, Maura Ryang (2025) PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP EMPLOYEE LOYALTY PADA GURU DI YAYASAN PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (917kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Loyalitas karyawan merupakan faktor penting bagi keberlanjutan organisasi, termasuk lembaga pendidikan berbasis pesantren. Guru memiliki peran strategis dalam pendidikan, sehingga perlu ditingkatkan loyalitasnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Perceived Organizational Support (POS) terhadap employee loyalty pada guru di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan populasi sebanyak 247 guru, dengan sampel 153 guru sebagai subjek, dipilih melalui proportional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala POS (Eisenberger et al., 1986; reliabilitas 0,934) dan skala employee loyalty (Dutta & Dhir, 2025; reliabilitas 0,849). Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa POS berpengaruh signifikan terhadap loyalitas guru (F = 208,310; p = 0,001; β = 0,761), yang berarti semakin tinggi persepsi terhadap dukungan organisasi, semakin tinggi pula loyalitas yang dimiliki guru. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi peningkatan POS melalui perhatian terhadap kesejahteraan, pengakuan kontribusi, dan hubungan kerja yang suportif.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Nur'Aini, Siti Nur
NIDN0012027701
Dosen Pembimbing
Laili, Januariya
NIDN0715019601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: employee loyalty, guru, perceived organizational support, lembaga pendidikan, pondok pesantren
Subjects: 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Maura Ryang Noornafisya | mauraryang@gmail.com
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:23
Last Modified: 01 Sep 2025 01:23
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27898

Actions (login required)

View Item View Item