Analisis Pemasaran Buah Kelapa di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember

Pujianto, Yamin (2019) Analisis Pemasaran Buah Kelapa di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (556kB)

Abstract

Tanaman kelapa banyak ditemui di negara tropis seperti Madagaskar, Hawai, Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Penyebaran tanaman kelapa sangat merata terutama di daerah pesisir pantai seperti Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Tingginya produksi buah kelapa perlu diiringi dengan pemasaran yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui keuntungan petani kelapa, (2) mengetahui efisiensi pemasaran buah kelapa, (3) mengetahui elastisitas transmisis harga kelapa di Kecamatan Wuluhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan atau menganalisis usahatani dan pemasaran buah kelapa. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu teknik survey. Guna mencapai tujuan maka penelitian ini menggunakan analisis keuntungan usahatani, analisis farmer’s share dan analisis elastisitas transmisi harga. Berdasarkan Analisa yang dilakukan, diperoleh kesimpulan: (1) keuntungan usahatani paling tinggi pada saluran pemasaran 0 tingkat sebesar Rp 3.300.000, (2) saluran pemasaran 0, 1 dan 2 tingkat efisien karena farmer’s share >50% sedangkan saluran pemasaran 3 tingkat tidak efisien, (3) saluran pemasaran 0 tingkat Et=1, saluran pemasaran 1 tingkat Et>1 , saluran pemasaran 2 dan 3 tingkat Et<1. Kata kunci: buah kelapa, efisiensi pemasaran, elastisitas transmisi harga, keuntungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Users 219 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2019 01:41
Last Modified: 06 Dec 2019 01:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3038

Actions (login required)

View Item View Item