Analisa Tingkat Kerusakan Permukaan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus : Ruas Jalan Raya Moch. Seruji Km.173 - Km.175 Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember)

Amrullah, Muhammad Iqbal (2020) Analisa Tingkat Kerusakan Permukaan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus : Ruas Jalan Raya Moch. Seruji Km.173 - Km.175 Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (940kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy
[img] Text
J. JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jalan adalah salah satu prasarana transportasi darat yang berpengaruh terhadap kelancaran arus lalu lintas, sarana ini seringkali mengalami kerusakan. Oleh karena itu perlu dilakukan tinjauan untuk mengetahui jenis kerusakan, tingkat kerusakan dan jenis penanganan pada kerusakan yang terjadi serta menghitung anggaran biaya yang dibutuhkan. Pengamatan volume kendaraan lalu lintas (secara visual) yang dilakukan pada jalan Moch. Seruji dengan panjang ruas jalan 2 km ini bertujuan untuk mengetaui kepadatan pertumbuhan lalu lintas dengan usia rencana 20 tahun dengan cara perhitungan kinerja jalan. Selanjutnya melakukan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan dan penilaian kondisi jalan dengan mengunakan metode Pavement Condition Index (PCI) yaitu dengan membagi jalan menjadi 2 segmen yaitu tiap 1000 m dengan panjang segmen 1 Sta.0+000 s/d 1+000 didapatkan nilai kerusakan sebesar 51,80 buruk (Poor) dan segmen 2 Sta.1+000 s/d 2+000 didapatkan nilai kerusakan sebesar 50,70 buruk (Poor), secara keseluruhan didapatkan nilai kerusakan sebesar 51,25 buruk (Poor). Kemudian mencari nilai Overlay pada lapisan permukaan perkerasan lentur menggunakan metode Bina Marga 1987 dengan tebal perkerasaan 5 cm (Laston MSS 744).. Jika dilakukan perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) didapat dengan total anggaran sebesar Rp. 1.078.980.000,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jalan, Pavement Condition Index, Overlay, Bina Marga 1987, RAB.
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI22201#TEKNIKSIPIL" not defined]
Depositing User: Amrullah Muhammad Iqbal
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorhamduwibawa, rofi budinidn0008057802
Thesis advisormanggala, adhitya suryanidn0727088701
Contact Email Address: muhiqbalamrullah@gmail.com
Date Deposited: 11 Mar 2020 02:48
Last Modified: 11 Mar 2020 02:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3821

Actions (login required)

View Item View Item