Analisis Semiotika Iklan OVO Versi Oma Makin Sakti Tentang Evolusi Pembayaran Mobile
Hidayati, Tantri (2020) Analisis Semiotika Iklan OVO Versi Oma Makin Sakti Tentang Evolusi Pembayaran Mobile. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
| ![PENDAHULUAN-.pdf [thumbnail of PENDAHULUAN-.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text PENDAHULUAN-.pdf Download (1MB) | 
| ![ABSTRAK.pdf [thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (135kB) | 
| ![BAB I.pdf [thumbnail of BAB I.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (271kB) | 
| ![BAB II.pdf [thumbnail of BAB II.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Download (401kB) | 
| ![BAB III.pdf [thumbnail of BAB III.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Download (224kB) | 
| ![BAB IV.pdf [thumbnail of BAB IV.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Download (1MB) | 
| ![BAB V.pdf [thumbnail of BAB V.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Download (158kB) | 
| ![DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | 
| ![Lampiran I.pdf [thumbnail of Lampiran I.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Lampiran I.pdf Download (1MB) | 
| ![ARTIKEL.pdf [thumbnail of ARTIKEL.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ARTIKEL.pdf Download (665kB) | 
Abstract
Iklan OVO versi Oma Makin Sakti adalah sebuah iklan hasil karya dari sutradara Dimas Djayadiningrat yang menyajikan suatu evolusi pembayaran di Indonesia. Dari awal kemunculannya, hampir seluruh iklan resmi di media sosial aplikasi pembayaran pintar ini selalu memiliki konsep dengan menggabungkan dua masa antara zaman dahulu (jadul) dan modern. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce untuk menemukan interpretasi pembuat iklan mengenai evolusi pembayaran mobile. Berdasarkan teori Peirce, semiotika terdiri dari tiga elemen dasar yang disebut sebagai teori segitiga makna (tanda, objek, dan interpretasi). Seluruh tanda dari gambar iklan yang berupa tangkapan layar dapat diklasifikasikan ke dalam ikon, indeks, dan simbol. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian bersifat deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya objek dari tokoh Oma dalam iklan OVO versi Oma Makin Sakti yang menginterpretasikan suatu evolusi pembayaran mobile melalui alur iklannya tentang evolusi pembayaran, sehingga dapat disimpulkan OVO membawa evolusi pada pembayaran menjadi lebih efektif dan efisien.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen Pembimbingcahyono, hery b.nidn0713046301
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Keywords/Kata Kunci: | Iklan OVO, Evolusi pembayaran mobile, Semiotika Charles Sanders Peirce | 
| Subjects: | 300 Social Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society | 
| Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1) | 
| Depositing User: | Hidayati Tantri | tantantri2009@gmail.com | 
| Date Deposited: | 17 Apr 2020 03:21 | 
| Last Modified: | 17 Apr 2020 03:21 | 
| URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4113 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      