Analisis Semiotika Iklan OVO Versi Oma Makin Sakti Tentang Evolusi Pembayaran Mobile



Hidayati, Tantri (2020) Analisis Semiotika Iklan OVO Versi Oma Makin Sakti Tentang Evolusi Pembayaran Mobile. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN-.pdf] Text
PENDAHULUAN-.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Lampiran I.pdf] Text
Lampiran I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (665kB)

Abstract

Iklan OVO versi Oma Makin Sakti adalah sebuah iklan hasil karya dari sutradara Dimas Djayadiningrat yang menyajikan suatu evolusi pembayaran di Indonesia. Dari awal kemunculannya, hampir seluruh iklan resmi di media sosial aplikasi pembayaran pintar ini selalu memiliki konsep dengan menggabungkan dua masa antara zaman dahulu (jadul) dan modern. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce untuk menemukan interpretasi pembuat iklan mengenai evolusi pembayaran mobile. Berdasarkan teori Peirce, semiotika terdiri dari tiga elemen dasar yang disebut sebagai teori segitiga makna (tanda, objek, dan interpretasi). Seluruh tanda dari gambar iklan yang berupa tangkapan layar dapat diklasifikasikan ke dalam ikon, indeks, dan simbol. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian bersifat deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya objek dari tokoh Oma dalam iklan OVO versi Oma Makin Sakti yang menginterpretasikan suatu evolusi pembayaran mobile melalui alur iklannya tentang evolusi pembayaran, sehingga dapat disimpulkan OVO membawa evolusi pada pembayaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
cahyono, hery b.
nidn0713046301

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Iklan OVO, Evolusi pembayaran mobile, Semiotika Charles Sanders Peirce
Subjects: 300 Social Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: Hidayati Tantri | tantantri2009@gmail.com
Date Deposited: 17 Apr 2020 03:21
Last Modified: 17 Apr 2020 03:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4113

Actions (login required)

View Item View Item