Strategi Pemasaran Berdasarkan PLC Dan SWOT Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Pada UKM Tahu (Pada UKM Tahu Mudji Dan UKM Tahu Hosen Kecamatan Sukowono)

sari, indah purnama (2020) Strategi Pemasaran Berdasarkan PLC Dan SWOT Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Pada UKM Tahu (Pada UKM Tahu Mudji Dan UKM Tahu Hosen Kecamatan Sukowono). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (705kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
c. BAB 1.pdf

Download (455kB)
[img] Text
d. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
j. artikel ilmiah baru.pdf

Download (465kB)

Abstract

Perkembangan bisnis di Indonesia belakangan ini semakin berkembang akan kompetisi bersaing, perubahan, dan ketidakpastian. Keadaan yang dinamis ini menimbulkan persaingan yang tajam antara perusahaan satu dengan yang lainnya. Perusahaan dituntut untuk membuat suatu perubahan atau inovasi demi mempertahankan eksistensinya di dunia industri. Dalam pengembangan ekonomi di Indonesia, usaha kecil selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai peranan penting, karena sebagian besar jumlah penduduknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik di sektor tradisional maupun modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dan berdaya saing dengan terlebih dahulu mengidentifikasi, menilai faktor-faktor internal perusahaan dan eksternal lingkungan yang mempengaruhi perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan dengan menggunakan metode PLC (Product Life Cycle) dan Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Oppurtunity, Threat). Analisis SWOT adalah analisis yang digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman dilingkungan bisnis maupun kekuatan serta kelemahan yang dimiliki internal perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan Matriks IE posisi Tahu Mudji berada pada kuadran V ini berarti Tahu Mudji seharusnya menerapkan strategi stabilitas. Berdasarkan PLC Tahu Hosen berada pada tahap pertumbuhan (growth). Dari hasil penelitian alternatif strategi perusahaan yang telah di peroleh peneliti dan pihak manajemen berdiskusi untuk menentukan strategi pemasaran pada Tahu Mudji dan Tahu Hosen yang sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan, strategi pemasaran diantaranya : (a.) perbaikan mutu, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan produk, misalnya daya tahan, kecepatan dan kinerja produk. Strategi ini efektif jika mutu produk memang masih di tingkatkan. (b.) Perbaikan ciri bertujuan untuk menambahkan ciri-ciri baru pada produk seperti ukuran, bahan pokok baru, bahan pelengkap dan sebagainya. Kebaikan dari strategi ini adalah meningkatkan image perusahaan sebagai pemimpin pasar yang progresif dan dapat merebut kesetiaan segmen pasar tertentu. (c.) Perbaikan model, bertujuan untuk menambah daya estetika produk seperti model, warna, kemasan, dan lain-lain. Menambah inovasi baru dalam produk. Kata kunci: PLC, Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PLC, Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Indah Purnama Sari
Date Deposited: 02 May 2020 01:11
Last Modified: 02 May 2020 01:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4180

Actions (login required)

View Item View Item