Analisis Pola Belajar Siswa Berprestasi di SMA Negeri 2 Jember

Antoko, Suryo (2020) Analisis Pola Belajar Siswa Berprestasi di SMA Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (336kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Antoko,Suryo. 2020. Analisis Pola Belajar Siswa Berprestasi di SMAN 2 Jember . Skripsi, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Fitrotul Mufaridah, M.Pd, (2) Agus Milu Susestyo, M.Pd Kata kunci : Siswa, Pola Belajar, Faktor Pola Belajar adalah suatu rangkaian belajar seorang siswa yang dilakukan secara berkelanjutan dan menjadi sebuah kecenderungan. Dalam proses belajar juga memiliki sebuah gangguan gangguan yang terdapat dalam faktor pendukung dan faktor penghambat yang akan selalu ada dalam proses belajar yang akan dijalani oleh siswa. Karena pada dasarnya sebuah prestasi yang diraih seorang siswa berawal dari sebuah proses belajar yang berhasil sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Rumusan masalah yang pertama dalam penelitian ini adalah apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pola belajar kemudian yang kedua adalah bagaimana pola belajar siswa berprestasi di SMAN 2 Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara, dokumentasi serta hasil dari observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Siswa berprestasi dan siswa pembanding masing-masing satu orang Siswa. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil analisis penelitian menunjukan faktor penghambat dan pendukung dalam proses pola belajar memang ada namun faktor pendukung lan yang membantu meminimalisir faktor penghambat. Serta pola belajar Siswa berprestasi memiliki kecenderungan mencatat dengan karakteristik visual hasil penelitian tersebut juga hampir sama dengan yang siswa pembanding yang memiliki pola belajar dengan kecenderungan mencatat yang berkarakter kinestetik. Dalam proses mereka belajar di dalam kelas, secara tidak langsung juga telah melakukan proses belajar bahasa yang juga sdidapatkan dari proses belajar ketika didalam kelas, menyimak pembelajaran dari guru dan ketika menuangkan dalam catatan serta ketika menyampaikan pendapat. Hasil kesimpulan pada penelitian ini adalah adanya faktor pendukung dan penghambat pola belajar siswa, meskipun faktor tersebut bervariasi antara siswa satu dengan yang lain. Kemudian pola belajar siswa berprestasi di SMAN 2 Jember berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya kecenderungan mencatat dengan karakteristik visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 807 Education and Research of Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Suryo Antoko
Date Deposited: 04 May 2020 01:22
Last Modified: 11 May 2020 03:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item