ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MATERI MIKROBIOLOGI YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA/MA MUHAMMADIYAH KABUPATEN JEMBER

Yuli Andini, Rifkia (2018) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MATERI MIKROBIOLOGI YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA/MA MUHAMMADIYAH KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel rifkia.pdf

Download (327kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (377kB)
[img] Text
COVER 2.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui model pembelajaran pada materi mikrobiologi yang dikembangkan guru SMA/MA Muhammadiyah di Kabupaten Jember dan untuk mengetahui model pembelajaran pada materi mikrobiologi yang dikembangkan guru dapat menuntaskan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA/MA Muhammadiyah yang berada Kabupaten Jember yaitu meliputi SMA Muhammadiyah 1 Rambuji, SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan, SMA Muhammadiyah 3 Jember, dan MA Muhammadiyah 1 Watukebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan data yang didapat dari sekolah menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang yang dipakai pada kelengkapan komponen RPP sudah terisi (cukup lengkap). Model pembelajaran yang diterapkan disekolah pada materi mikrobiologi bervariasi. Langkah-langkah pada model pembelajaran yang diterapkan didalam RPP masih bersifat umum, beberapa model pembelajaran tidak mengikuti langkahlangkah yang sudah ada. Langkah-langkah yang belum sesuai dan pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat dengan materi mikrobiologi menyebabkan beberapa hasil belajar siswa dibawah KKM. Standart kriteria ketuntasan minimal secara nasional yaitu 75.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKomarayanti, Sawitrinidn0719056302
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:40
Last Modified: 02 Jul 2020 03:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4567

Actions (login required)

View Item View Item