ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MATERI MIKROBIOLOGI YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA/MA MUHAMMADIYAH KABUPATEN JEMBER



Yuli Andini, Rifkia (2018) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MATERI MIKROBIOLOGI YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA/MA MUHAMMADIYAH KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of artikel rifkia.pdf] Text
artikel rifkia.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of COVER 2.pdf] Text
COVER 2.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui model pembelajaran pada materi
mikrobiologi yang dikembangkan guru SMA/MA Muhammadiyah di Kabupaten Jember
dan untuk mengetahui model pembelajaran pada materi mikrobiologi yang dikembangkan
guru dapat menuntaskan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA/MA
Muhammadiyah yang berada Kabupaten Jember yaitu meliputi SMA Muhammadiyah 1
Rambuji, SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan, SMA Muhammadiyah 3 Jember, dan MA
Muhammadiyah 1 Watukebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan data yang didapat dari sekolah menunjukkan bahwa
perencanaan pembelajaran yang yang dipakai pada kelengkapan komponen RPP sudah
terisi (cukup lengkap). Model pembelajaran yang diterapkan disekolah pada materi
mikrobiologi bervariasi. Langkah-langkah pada model pembelajaran yang diterapkan
didalam RPP masih bersifat umum, beberapa model pembelajaran tidak mengikuti langkahlangkah yang sudah ada. Langkah-langkah yang belum sesuai dan pemilihan model
pembelajaran yang kurang tepat dengan materi mikrobiologi menyebabkan beberapa hasil
belajar siswa dibawah KKM. Standart kriteria ketuntasan minimal secara nasional yaitu 75.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Komarayanti, Sawitri
nidn0719056302

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:40
Last Modified: 02 Jul 2020 03:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4567

Actions (login required)

View Item View Item