ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MATERI MIKROBIOLOGI YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA/MA MUHAMMADIYAH KABUPATEN JEMBER
Yuli Andini, Rifkia (2018) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MATERI MIKROBIOLOGI YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA/MA MUHAMMADIYAH KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
artikel rifkia.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
COVER 2.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui model pembelajaran pada materi
mikrobiologi yang dikembangkan guru SMA/MA Muhammadiyah di Kabupaten Jember
dan untuk mengetahui model pembelajaran pada materi mikrobiologi yang dikembangkan
guru dapat menuntaskan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA/MA
Muhammadiyah yang berada Kabupaten Jember yaitu meliputi SMA Muhammadiyah 1
Rambuji, SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan, SMA Muhammadiyah 3 Jember, dan MA
Muhammadiyah 1 Watukebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan data yang didapat dari sekolah menunjukkan bahwa
perencanaan pembelajaran yang yang dipakai pada kelengkapan komponen RPP sudah
terisi (cukup lengkap). Model pembelajaran yang diterapkan disekolah pada materi
mikrobiologi bervariasi. Langkah-langkah pada model pembelajaran yang diterapkan
didalam RPP masih bersifat umum, beberapa model pembelajaran tidak mengikuti langkahlangkah yang sudah ada. Langkah-langkah yang belum sesuai dan pemilihan model
pembelajaran yang kurang tepat dengan materi mikrobiologi menyebabkan beberapa hasil
belajar siswa dibawah KKM. Standart kriteria ketuntasan minimal secara nasional yaitu 75.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDKomarayanti, Sawitrinidn0719056302
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 03:40 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 03:40 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |