Lesson Study dengan Discovery Learning Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Lesson Study Learning With The Discovery Of Critical Thinking Ability



Agustin, Yuli (2018) Lesson Study dengan Discovery Learning Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Lesson Study Learning With The Discovery Of Critical Thinking Ability. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[thumbnail of artikel yuli agustin.pdf] Text
artikel yuli agustin.pdf

Download (338kB)

Abstract

Tujuannya adalah Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis sama Pada Siswa
Kelas XI IPA 1 SMAN 01 Arjasa melalui penerapan lesson study dengan discovery learning.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindak kelas berbasis lesson
study.Pada setiap siklus PTK mengacu pada lesson study yang terdiri dari tahap perencanaan
( plan), pelaksanaan ( do),dan tahap refleksi ( see). Tahap perencanaan ( planning) pada PTK
sama dengan perencanaan ( plan) pada LS. Tindakan dan pengamatan pada PTK sama
dengan pelaksanaan ( do), baik PTK maupun LS sama-sama melakukan refleksi. Hasil data
Berfikir kritis pada prasiklus yang tuntas dalam pembelajaran sebesar 32,40%, pada siklus I
sebesar 44% dan siklus II sebesar 74%. Hasil data kemampuan berfikir kritis terdapat
peningkatan setiap siklusnya dari prasiklus ke siklus I, dan siklus II. Pembelajaran Discovery
Learning suatu pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam pemecahan masalah
untuk pengembangan pengetahuan dan ketrampilan.Lesson Study suatu strategi atau metode
dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan
proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan
berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan
hasil pembelajaran.
Kata Kunci : Lesson Study, Discovery Learning,Kemampuan Berfikir Kritis

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Priantari, Ika
nidn0715018301
UNSPECIFIED
Eurika, Novy
nindn0014117901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:14
Last Modified: 01 Sep 2020 03:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item View Item