Setiawan, Rama Nur Jazuli (2016) Sistem Penjawab Pertanyaan Publik di Kecamatan Kaliwates Jember Menggunakan Metode Cosine Similartiy. Undergraduate thesis, universitas muhammdiyah jember.
|
Text
Jurnal.pdf - Published Version Download (586kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (366kB) |
||
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
||
Text
Abstract.pdf Download (8kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (88kB) |
||
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (98kB) |
||
Text
BAB II TINJAUAN_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
||
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
||
Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
Text
BAB V KESIMPULAN & SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
Abstract
Kecamatan memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dalam berbagai bidang. Pada era digitalisasi saat ini kebutuhan masyarakat akan informasi menjadi semakin kompleks. Akan tetapi perkembangan informasi yang cukup pesat ini dirasa masih cukup sulit untuk diterapkan dalam bidang pelayanan-pelayanan di kecamatan. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana mengelola banyaknya dokumen agar dapat menjadi informasi yang dibutuhkan masyarakat. Sistem tanya jawab adalah salah satu cara yang dapat dikembangkan untuk mengelola banyaknya dokumen . Metode yang cukup populer untuk membantu pengembangan sistem tanya jawab yaitu metode cosine similarity. Dengan memanfaatkan fitur SMS Gateway, nantinya masyarakat dapat menanyakan informasi yang dibutuhkan hanya melalui sms. Dalam pembuatan aplikasi SMS Gateway dibutuhkan proses text mining untuk mengolah dokumen yang akan dijadikan acuan dasar berupa Penyusunan Standar Pelayanan Publik. Dokumen tersebut kemudian diklasifikasikan dengan cara menghitung Term Frequency/Inverse Document Frequency (TF/IDF). Dengan melakukan text processing : tokenizing, stoplist dan stemming pada dokumen kemudian melakukan pencarian bobot dengan mencari term, tf dan idf. Selanjutunya dilakukan pencarian relevansi antara SMS yang masuk dengan dokumen yang dijadikan acuan dasar menggunakan cossine similarity sehingga SMS yang masuk dapat dikategorikan sesuai dengan dokumen yang dijadikan acuan dasar. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan metode cosine similarity dalam Sistem Penjawab Pertanyaan Publik ini memiliki tingkat akurasi sebesar 85% sehingga cocok diterapakan dalam Sistem ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Rama Nur Jazuli S (101065118) | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Cosine Similarity, Sistem Penjawab Pertanyaan Publik, SMS Gateway | |||||||||
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2018 02:15 | |||||||||
Last Modified: | 11 Apr 2020 12:44 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/554 |
Actions (login required)
View Item |