Sistem Penjawab Pertanyaan Publik di Kecamatan Kaliwates Jember Menggunakan Metode Cosine Similartiy



Setiawan, Rama Nur Jazuli (2016) Sistem Penjawab Pertanyaan Publik di Kecamatan Kaliwates Jember Menggunakan Metode Cosine Similartiy. Undergraduate thesis, universitas muhammdiyah jember.

[thumbnail of Jurnal.pdf]
Preview
Text
Jurnal.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of Abstract.pdf] Text
Abstract.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of BAB II TINJAUAN_PUSTAKA.pdf] Text
BAB II TINJAUAN_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[thumbnail of BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[thumbnail of BAB IV PEMBAHASAN.pdf] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[thumbnail of BAB V KESIMPULAN  &  SARAN.pdf] Text
BAB V KESIMPULAN & SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)

Abstract

Kecamatan memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dalam berbagai bidang. Pada era digitalisasi saat ini kebutuhan masyarakat akan informasi menjadi semakin kompleks. Akan tetapi perkembangan informasi yang cukup pesat ini dirasa masih cukup sulit untuk diterapkan dalam bidang pelayanan-pelayanan di kecamatan. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana mengelola banyaknya dokumen agar dapat menjadi informasi yang dibutuhkan masyarakat. Sistem tanya jawab adalah salah satu cara yang dapat dikembangkan untuk mengelola banyaknya dokumen . Metode yang cukup populer untuk membantu pengembangan sistem tanya jawab yaitu metode cosine similarity. Dengan memanfaatkan fitur SMS Gateway, nantinya masyarakat dapat menanyakan informasi yang dibutuhkan hanya melalui sms. Dalam pembuatan aplikasi SMS Gateway dibutuhkan proses text mining untuk mengolah dokumen yang akan dijadikan acuan dasar berupa Penyusunan Standar Pelayanan Publik. Dokumen tersebut kemudian diklasifikasikan dengan cara menghitung Term Frequency/Inverse Document Frequency (TF/IDF). Dengan melakukan text processing : tokenizing, stoplist dan stemming pada dokumen kemudian melakukan pencarian bobot dengan mencari term, tf dan idf. Selanjutunya dilakukan pencarian relevansi antara SMS yang masuk dengan dokumen yang dijadikan acuan dasar menggunakan cossine similarity sehingga SMS yang masuk dapat dikategorikan sesuai dengan dokumen yang dijadikan acuan dasar. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan metode cosine similarity dalam Sistem Penjawab Pertanyaan Publik ini memiliki tingkat akurasi sebesar 85% sehingga cocok diterapakan dalam Sistem ini.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Arifianto, Deni
nidn0718068103
UNSPECIFIED
Oktavianto, Hardian
nidn0722108105

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rama Nur Jazuli S (101065118)
Keywords/Kata Kunci: Cosine Similarity, Sistem Penjawab Pertanyaan Publik, SMS Gateway
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:15
Last Modified: 11 Apr 2020 12:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item