Hubungan Kelekatan Teman Sebaya (Peer Attachment) Terhadap Kompetensi Sosial Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Kencong

Henarosa, Shabri (2020) Hubungan Kelekatan Teman Sebaya (Peer Attachment) Terhadap Kompetensi Sosial Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Kencong. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
c. BAB I .pdf

Download (1MB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
j. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi sosial merupakan perilaku yang dapat diterima secara sosial, cara berperilaku individu yang dipelajari sehingga dapat memampukan individu dalam berinteraksi secara efektif dengan orang lain, serta mengarah pada perilaku dan renspon-renspon sosial yang dimiliki oleh individu. Kompetensi sosial dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu faktor kelekatan. Kelekatan (Attachment) pertama kali terbentuk pada bayi dengan orang tua yang merupakan landasan awal hubungan manusia pada masa selanjutnya. Perubahan kelakatan (Attachment) terjadi ketika remaja mempelajari serta mengembangkan hubungan selain keluarga. Kelekatan teman sebaya (Peer Attachment) merupakan suatu hubungan yang terjalin atau terbentuk dengan kuat antara remaja dengan teman-temannya, baik dengan secara seseorang maupun berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keleketan teman sebaya (Peer Attachment) terhadap kompetensi sosial pada siswa di SMA Negeri 1 Kencong. Jenis Penelitian menggunakan desainCkuantitatif dengan bentuk asosiatif, populasi pada penelitian ini adalah kelas X dan XI baik IPA maupun IPS dengan menggunakan teknik pengambilan sampel teknik Simple Random Sampling yang berjumlah 233 siswa untuk mengukur skala Peer Attachment dan skala kompetensi sosial menggunakan skala Likert. Metode analisa data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi dan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kelekatan teman sebaya (Peer Attachment) dan kompetensi sosial dengan nilai signifikan 0,619 > 0,05. Hasil uji deskriptif sebanyak 54 % (125) memiliki kompetensi sosial yang rendah dan 46 % (108) siswa yang memiliki kompetensi sosial yang tinggi namun sebanyak 146 siswa (63 %) memiliki kelekatan dengan teman sebayanya dan sebanyak 87 siswa (37 %) tidak memiliki kelekatan dengan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
300 Social Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 303 Social Process
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Shabri Henarosa
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmawati, Erna Ipaknidn0007057801
UNSPECIFIEDKusumaningtyas, Nuraininidn0721108101
Contact Email Address: shabrihenarosa24@gmail.com
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:05
Last Modified: 10 Aug 2020 06:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item