Gambaran Kecenderungan Kecanduan Game Online Pada Kalangan Mahasiswa

Nikmah, Aulin (2019) Gambaran Kecenderungan Kecanduan Game Online Pada Kalangan Mahasiswa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (626kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (700kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (691kB)

Abstract

Game online adalah situs permainan secara online yang terhubung oleh jaringan internet, yang bisa dimainkan oleh siapa saja dan dimana saja dengan jangkauan yang sangat luas. Teknologi yang semakin canggih, membuat game online bukan hanya dimainkan di komputer tetapi dapat dinikmati di smartphone. Selain itu game online bukan hanya digemari oleh anak-anak, bahkan remaja dan orang dewasapun gemar memainkan game online. Fenomena kecanduan game online bukan suatu hal yang biasa, pemain yang kecanduan game online diantaranya mengorbankan aktivitas pribadi yang lebih penting seperti bekerja ataupun belajar, mengorbankan waktu untuk hobi yang lain, mengorbankan waktu untuk tidur, bersosialisasi dengan teman dan waktu keluarga (Lemmens dkk, 2009). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecenderungan kecanduan game online pada kalangan mahasiswa di Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah 348 orang, dengan Teknik pengambilan sampel yaitu teknik cluser sampling. Penelitian ini menunjukkan kecenderungan kecanduan game online sebesar 183 dengan prosentase 52.6%, yang dilakukan pada subjek mahasiswa dilingkungan kampus di Kabupaten Jember. Sebesar 266 orang dengan prosentase 76.4%, adalah jenis kelamin laki-laki yang lebih banyak memainkan game online dibandingkan dengan perempuan dengan hasil sebesar 82 orang prosentase 23.6% . Diantaranya memainkan game online mulai dari jenjang SMA dengan sebesar 151 orang dengan prosentase 43.4%, dan memiliki 2 aplikasi game online dismartphonenya sebesar 232 orang dengan prosentase 66.7%. Hasil penelitian yang didapat diantara cenderung tinggi mengalami aspek tolerance sebesar 300 orang dengan prosentase 86.2%, yang artinya lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain game online. Kata kunci : Kecenderungan Kecanduan, Game Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 100 Philosophy
100 Philosophy > 150 Psychology
100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDIpak Rahmawati, Ernanidn#
UNSPECIFIEDNur’Aini, Sitinidn#
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:20
Last Modified: 06 Oct 2020 02:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6177

Actions (login required)

View Item View Item