Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Cold Storage (Studi Kasus Sentra Industri Ikan Muncar)

Yunita Sari, Putri (2019) Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Cold Storage (Studi Kasus Sentra Industri Ikan Muncar). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A R T I K E L I L M I A H.pdf

Download (449kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (888kB)

Abstract

Sentra industri ikan di Muncar merupakan perusahaan cold storage yang bergerak dibidang industri pengolahan ikan laut. Cold storage itu sendiri merupakan mesin pendingin yang digunakan dalam mengawetkan makanan dan membekukan ikan. Di antara cara-cara pengawetan tersebut ternyata dengan cara didinginkan dianggap paling baik karena ikan yang telah didinginkan akan tetap segar dan tidak akan mengalami perubahan rasa, warna dan aromanya. Tingginya produksi ikan cold storage tidak diimbangi dengan sistem saluran pemasaran yang ada. Pada saat produksi ikan cold storage melimpah produsen tidak dapat berperan sebagai pembuat harga, melainkan harga ditentukan oleh pedagang. Panjang pendeknya saluran pemasaran menyebabkan selisih harga di tingkat produsen ikan cold storage dan harga yang dibayarkan oleh konsumen. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui bagaimanakah pola saluran pemasaran dan efisiensinya ikan cold storage di sentra industri ikan Muncar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan pada permasalahan pertama yaitu deskriptif, permasalahan kedua yaitu menggunakan analisis biaya dan marjin pemasaran. Hasil menunjukkan bahwa sentra industri ikan di Muncar menggunakan saluran pemasaran : a) Saluran I (produsen ke pedagang besar kemudian konsumen), b) Saluran II (produsen ke pedagang kecil kemudian konsumen),c) Saluran III (produsen ke pedagang besar ke pedagang kecil kemudian ke konsumen). Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran tingkat II, dimana memiliki margin sebesar Rp. 9.000/kardus dan EPs sebesar 1,6%. Sentra industri ikan di Muncar menggunakan strategi marketing mix dalam mengembangkan pemasaran ikan cold storage yakni melalui kualitas dari produk, penetapan harga melalui asosiasi, memperkuat hubungan emosional dengan lembaga pemasaran dan melakukan promosi dengan memanfaatkan media online. Kata kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
600 Technology and Applied Science > 650 Business
600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Department: S1 Manajemen
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDWijayantini, Bayunidn0717027904
UNSPECIFIEDGunawan Wibowo, Yohanesnidn#
Date Deposited: 14 Oct 2020 02:08
Last Modified: 14 Oct 2020 02:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item View Item