ANALISIS PENGGUNAAN RPP KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII-B DI SMPN 1 TEGALSARI TAHUN AJARAN 2018-2019

Eka Anggraini, Novita (2019) ANALISIS PENGGUNAAN RPP KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII-B DI SMPN 1 TEGALSARI TAHUN AJARAN 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (489kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRA1.pdf

Download (155kB)

Abstract

Anggraini, Novita Eka. 2019. Analisis Penggunaan RPP Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII-B di SMPN 1 Tegalsarai Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi, Program Studi Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muham-madiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Hanafi, M.Pd. (2) Dina Merdeka Citraningrum, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan, Pengembangan, Implementasi Peraturan perundang-undangan (permendikbud) menekankan tentang pengembangan suatu kurikulum pendidikan di sekolah. Kurikulum pendidikan dilaksanakan untuk mencapai standar yang diharapkan oleh pemerintah guna untuk mencerdaskan kehidupan generasi bangsa. Kurikulum 2013 ini di terapkan di Indonesia mengacu pada perannya sebagai penyempurna kurikulum yang dirintis pada tahun-tahun sebelumnya dengan memperhatikan beberapa aspek yang mendukung untuk pengembangan suatu kurikulum di lembaga sekolah. Pengembangan kurikulum 2013 ini merupakan suatu bagian dari strategi pembelajaran yang meningkatkan capaian dari suatu lembaga pendidikan disekolah. Orientasi kurikulum 2013 dalam dunia pendidikan adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan RPP kurikulum 2013 dalam mata pelajarn bahasa Indonesia melalui pihak terkait yaitu guru sebagai ujung tombak dari keterlaksanaanya pembelajaran di dalam sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII-B SMPN 1 Tegalsari. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara dan teknik observasi. Kemudian, instrumen dalam penelitian ini berupa tabel wawancara dan tabel observasi. Datadata yang yang di peroleh akan dianalisis dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara data yang diperoleh diinterpretasikan dengan membaca, menemukan, mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis data. Hasil analisis data menunjukan bahwa penggunaan RPP kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran sudah menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan baik dan benar sesuai dengan RPP yang dijadikan pedoman oleh guru. Guru sudah menerapkan implementasi RPP kurikulum 2013 yang tercantum dalam RPP bahasa Indonesia yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan yaitu diawali dengan kegiatan berdoa, menyiapkan dan mengkondisikan siswa, memberikan atau menyampaikan motivasi belajar siswa, mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan guru menyampaikan cakupan materi di depan kelas. kegiatan inti yaitu meliputi pendekatan saintifik. Dari kedua kegiatan tersebut, terdapat satu kegiatan dalam implementasi RPP kurikulum 2013 yaitu kegiatan penutup, kegiatan ini terdiri dari rangkaian aktivitas dan hasil pembelajaran, pemberian umpan balik, pemberian tugas, dan penyampaian materi selanjutnya. Selain itu, guru dalam implementasinya juga sebagai pendidik yang baik, membelajarkan dengan benar, membimbing secara tertib, melatih dengan gigih, memberikan contoh yang teladan, meneliti sepenuh hati, mengembangakan kreatifitas, dan menilai pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 26 Oct 2020 07:13
Last Modified: 26 Oct 2020 07:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6794

Actions (login required)

View Item View Item