ANALISIS PENGGUNAAN RPP KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII-B DI SMPN 1 TEGALSARI TAHUN AJARAN 2018-2019
Anggraini, Novita Eka (2019) ANALISIS PENGGUNAAN RPP KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII-B DI SMPN 1 TEGALSARI TAHUN AJARAN 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
Artikel.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
![]() |
Text
LAMPIRA1.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
1510221002.pdf Download (188kB) |
Abstract
Anggraini, Novita Eka. 2019. Analisis Penggunaan RPP Kurikulum 2013 dalam
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII-B di SMPN 1 Tegalsarai
Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi, Program Studi Pendididikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muham-madiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Hanafi, M.Pd. (2) Dina
Merdeka Citraningrum, M.Pd.
Kata Kunci: Pendidikan, Pengembangan, Implementasi
Peraturan perundang-undangan (permendikbud) menekankan tentang
pengembangan suatu kurikulum pendidikan di sekolah. Kurikulum pendidikan
dilaksanakan untuk mencapai standar yang diharapkan oleh pemerintah guna
untuk mencerdaskan kehidupan generasi bangsa. Kurikulum 2013 ini di terapkan
di Indonesia mengacu pada perannya sebagai penyempurna kurikulum yang
dirintis pada tahun-tahun sebelumnya dengan memperhatikan beberapa aspek
yang mendukung untuk pengembangan suatu kurikulum di lembaga sekolah.
Pengembangan kurikulum 2013 ini merupakan suatu bagian dari strategi
pembelajaran yang meningkatkan capaian dari suatu lembaga pendidikan
disekolah. Orientasi kurikulum 2013 dalam dunia pendidikan adalah terjadinya
peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan
(skill), dan pengetahuan (knowledge).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan RPP kurikulum
2013 dalam mata pelajarn bahasa Indonesia melalui pihak terkait yaitu guru
sebagai ujung tombak dari keterlaksanaanya pembelajaran di dalam sekolah. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah guru
bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII-B SMPN 1 Tegalsari. Teknik pengumpulan
data ini menggunakan teknik wawancara dan teknik observasi. Kemudian,
instrumen dalam penelitian ini berupa tabel wawancara dan tabel observasi. Datadata
yang
yang
di peroleh
akan
dianalisis
dengan
menggunakan
metode
penelitian
deskriptif
kualitatif
dengan
cara
data
yang
diperoleh
diinterpretasikan
dengan
membaca,
menemukan,
mengidentifikasi,
mengklarifikasi,
dan
menganalisis
data.
Hasil
analisis
data
menunjukan
bahwa
penggunaan
RPP
kurikulum
2013
dalam
proses
pembelajaran
sudah
menerapkan
Rencana
Pelaksanaan
Pembelajaran
dengan
baik
dan
benar
sesuai
dengan
RPP
yang
dijadikan
pedoman
oleh
guru.
Guru
sudah
menerapkan
implementasi
RPP
kurikulum
2013 yang
tercantum
dalam
RPP
bahasa
Indonesia
yang
meliputi
kegiatan
pendahuluan,
kegiatan
inti,
dan
kegiatan
penutup.
Kegiatan
pendahuluan
yaitu
diawali
dengan
kegiatan
berdoa,
menyiapkan
dan
mengkondisikan
siswa,
memberikan
atau
menyampaikan
motivasi
belajar
siswa,
mengajukan
pertanyaan
tentang
materi
sebelumnya,
menyampaikan
tujuan
pembelajaran,
dan
guru
menyampaikan
cakupan
materi
di depan
kelas.
kegiatan
inti
yaitu
meliputi
pendekatan
saintifik.
Dari
kedua
kegiatan
tersebut,
terdapat
satu kegiatan
dalam
implementasi
RPP
kurikulum
2013 yaitu
kegiatan
penutup,
kegiatan
ini
terdiri
dari
rangkaian
aktivitas
dan
hasil
pembelajaran,
pemberian
umpan
balik,
pemberian
tugas,
dan
penyampaian
materi
selanjutnya.
Selain
itu,
guru
dalam
implementasinya
juga
sebagai
pendidik yang
baik,
membelajarkan
dengan
benar,
membimbing
secara tertib, melatih dengan gigih, memberikan contoh yang teladan, meneliti sepenuh
hati, mengembangakan kreatifitas, dan menilai pembelajaran selama proses
pembelajaran berlangsung.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701UNSPECIFIEDCitraningrum, Dina Merdekanidn0717088701
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 07:13 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 07:52 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |