PENGARUH VARIASI BUSI TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR 4 LANGKAH 200CC



Mohammad, Safaulkahfi (2020) PENGARUH VARIASI BUSI TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR 4 LANGKAH 200CC. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of pendahuluan.pdf] Text
pendahuluan.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of Jurnal.pdf] Text
Jurnal.pdf

Download (456kB)

Abstract

PENGARUH VARIASI BUSI TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR 4 LANGKAH 200CC
Mohammad Safaul Kahfi1, Nelyana Mufarida ST.MT2, Kosjoko ST.MT3.
Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Jember
Email : kahfisafaul033@gmail.com

ABSTRAK
Perkembangan ilmu dan teknologi di bidang otomotif sangat pesat, maka dari itu masyarakat dituntut untuk lebih produktif dan selektif. Dapat di ketahui kerja mesin dipengaruhi oleh sistem pengapian dan tekanan kompresi. Pada penelitian ini metode yang tepat untuk digunakan adalah metode perbandingan, dimana sebuah perbandingan variasi busi standart, iridium, dan racing pada kendaraan bermotor, akan dibandingkan dengan alat uji performa yaitu dynotest.
Hasil pengujian performa motor 4 tak 200 cc dengan variasi busi standar, busi iridium, dan busi racing yang telah dilakukan uji, mendapat nilai torsi dan daya tertinggi yaitu pada busi iridium dengan nilai rata - rata ( 14.68 N.m ) dan nilai rata - rata ( 15.7 Hp ). Sedangkan untuk nilai konsumsi bahan bakar yang irit digunakan yaitu terdapat nilai 1.40 Fuel Consumption pada busi racing.
Penggunaan busi yang tidak tepat tenaga yang dihasilkan juga tidak bisa maksimal, sehingga peningkatan tekanan kompresi tidak bisa efektif.

Kata kunci : Busi, Torsi, Daya, Dan Konsumsi Bahan Bakar.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Nely, Anamufarida
197704222005012002
UNSPECIFIED
Kosjoko, Kosjoko
0509479

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 627 Hydraulic Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Mohammad Safaul Kahfi | kahfisafaul1033@gmail.com
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:00
Last Modified: 02 Nov 2020 04:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6851

Actions (login required)

View Item View Item