Luthfiana Yasmin, Shafira (2019) Pengembangan Bahan Ajar LKPD pada Materi Statistika Berbasis Masalah Open Ended untuk Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (475kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (233kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (256kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci : LKPD, statistika, masalah open ended, kemampuan berfikir kreatif siswa. Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik hanya mampu menyelesaikan soal sesuai contoh dan cara yang telah diajarkan oleh guru. Sehingga ketika mendapat soal dalam bentuk atau model lain peserta didik cenderung tidak dapat menyelesaikan soal tersebut. Hal ini mengakibatkan kemampuan berfikir kreatif matematis peserta didik kurang terasah. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakan mengembangkan LKPD pada materi statistika kelas VIII berbasis masalah open ended untuk kemampuan berfikir kreatif matematis siswa? (2) bagaimana hasil penerapan LKPD pada materi statistika berbasis masalah open ended untuk kemampuan berfikir kreatif matematis siswa?. Terdapat dua tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan LKPD pada materi Statistika berbasis masalah open ended untuk kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dan mengetahui hasil penerapan LKPD pada materi statistika berbasis masalah ope ended untuk kemampuan berfikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pelaksanaan penelitian ini yaitu pada tanggal 17 – 18 Juni 2019 di kelas VIII D SMP Negeri 5 Jember. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan tahap penyebaran (dissemination). Berdasarkan penelitian ini mendapat hasil penilaian total dari validator sebesar 4,13 dan dinyatakan valid, sedangkan keefektifan LKPD dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 89%, dan untuk kepraktisan LKPD dapat dilihat dari rata – rata angket respon peserta didik sebesar 81,7%. Kriteria produk yang baik menurut Nieveen (dalam Hobri, 2010:27) adalah produk yang memenuhi tiga kriteria yaitu valid, efektif dan praktis, sehingga produk (LKPD) yang dikembangkan ini dinyatakan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2020 06:10 | |||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2020 06:10 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6991 |
Actions (login required)
View Item |