PENGEMBANGAN MODUL SEBAGAI BHAN AJAR MATERI TUMBUHAN LUMUT (Bryophyta) PADA KELAS X DI SMA
Agustina Arifani, Mega (2019) PENGEMBANGAN MODUL SEBAGAI BHAN AJAR MATERI TUMBUHAN LUMUT (Bryophyta) PADA KELAS X DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (619kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
1410211035.pdf Download (343kB) |
Abstract
Arifani, Mega Agustina, 2019. Pengembangan Modul Sebagai Bahan Ajar Materi
Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Pada SMA Kelas X di SMA. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing : (1) Novy
Eurika (2) Ir. Elfien Herrianto, MP
Kata Kunci : Modul, Bahan Ajar, Tumbuhan Lumut
Berdasarkan hasil dari analisis kebutuhan yang dilakukan pada tiga
sekolah di kabupaten Bondowoso yakni didapatkan informasi bahwa bahan ajar
yang digunakan siswa dalam menunjang pembelajaran adalah buku paket dan
LKS serta belum menggunakan bahan ajar yang bervariasi seperti modul.
Menurut siswa kelas X IPA pada tiga sekolah mereka masih merasa kesulitan
dalam menggunakan LKS dan buku Paket dikarenakan isi disalam buku paket
atau LKS seringkali masih terdapat kalimat-kalimat yang tidak bisa dipahami
serta materi yang cenderung kurang lengkap dan soal latihan juga sedikit. Salah
satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan
mengembangkan bahan ajar berupa modul sebagai bahan ajar biologi untuk siswa
kelas X IPA pada materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta).
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui
kevalidan/kelayakan serta mengetahui respon siswa/uji keterbacaan dalam
perorangan atau skala terbatas pada pengembangan modul sebagai bahan ajar
materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) pada kelas X di SMA.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development). Model penelitian dan pengembangan ini mengacu pada
pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu pendefinisian (define),
perancangan (design) , pengembangan (develop ) dan penyebaran (desseminate),
namun pengembangan ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Penilaian uji
validasi ahli dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan calon
pengguna, sedangkan uji coba terbatas melibatkan subjek uji coba siswa sebanyak
10 orang siswa kelas XI IPA SMAN 01 Tapen.
Hasil analisis skor rata-rata penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa
serta ahli pengguna guru biologi di SMA skor nilai rata-rata keseluruahan 71,5%
dengan kriteria valid, untuk nalisis uji coba terbatas terhadap 10 siswa SMA skor
nilai rata-rata 91% dengan kriteria sangat bagus. Berdasarkan kriteria kevalidan
menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan memiliki interpretasi valid secara
keseluruhan serta dapat digunakan dengan revisi kecil.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDEurika, Novynidn0014117901UNSPECIFIEDHerrianto, Elfiennidn#
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 02:08 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:45 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |